Friday, 18 October 2019

Sudah 28 Tahun, Bakso di Pejaten Ini pun Jadi Legenda

Minggu, 6 Oktober 2019 — 8:59 WIB
bakso

BAKSO masih menjadi rajanya jajanan kaki lima di Indonesia. Kenyal, gurihnya bakso dan nikmatnya kuah bakso pasti mampu melelehkan hati dan bikin ketagihan siapapun yang mencobanya.

Di Pejaten, Jati Padang, Pasar Minggu ada warung bakso terkenal yaitu “Bakso Sido Mandiri”. Nama yang diambil dari nama pemilik warung bakso tersebut cukup ditambah kata “mandiri”, yang menunjukkan usaha itu dikerjakan sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Warung ini tak menjual nama bakso, melainkan rasa. Meskipun rasa adalah masalah selera yang dapat diperdebatkan.

Mariatun, pemilik dan pengelolanya, mengungkapkan, dalam sehari ia dapat menghabiskan sedikitnya 30 Kg daging. Tapi dia mengatakan, tak pernah menghitung berapa mangkuk bakso yang tersaji dalam sehari.

“Tidak bisa dikira-kira, tidak pembukuan juga. Saya sendiri yang mengurusi, ribet mengurusi pembukuan itu,” ujar si pemilik

Berdagang bakso sejak 1978. Kala itu, Mariatun menikah dengan Sido yang telah setahun menjadi pedagang bakso di SMP 107 Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Mau tak mau, ia membantu suaminya mengembangkan usaha bakso.

Menjadi pedagang bakso di sekolah bukanlan pekerjaan mudah. Jika bakso tak habis, mereka berdua masih harus berkeliling kompleks di sekitar sekolah hingga malam hari. Adakalanya mereka merugi karena dagangan tak habis.

Namun mereka berdua tetap melanjutkan usaha itu hingga pada 1991 mereka mendapat sebuah “pangkalan” tetap di pinggir jalan Pejaten. Dengan adanya pangkalan tersebut, Bakso Sido Mandiri tak lagi sekadar menjajakan bakso, melainkan juga mi ayam dan es kelapa.

Usaha itu terus melesat sampai akhirnya, tujuh tahun silam mereka memutuskan untuk membeli sebuah bangunan yang kini dipakai untuk jualan. “Sekarang karyawan ada 18 orang. Yang makan banyak jadi perlu tenaga banyak,” katanya.

Bakso Sido Mandiri hanya tutup sehari dalam sebulan. Hari liburnya tidak menentu, asal tidak pada akhir pekan atau hari libur nasional. Jadi, jika Anda tertarik untuk datang, lebih baik memilih akhir pekan karena warung dipastikan buka. Siap siap antre, sebab tempat makan biasanya penuh pembeli. Agar tak penasaran, coba sendiri hidangan bakso yang melegenda ini. (alfi/m9/d)