Tuesday, 15 October 2019

Icuk Sugiarto Diusulkan Jadi Menpora

Senin, 7 Oktober 2019 — 6:33 WIB
Icuk Sugiarto,

Icuk Sugiarto,

JAKARTA – Mantan juara dunia bulutangkis tahun 1983, Icuk Sugiarto, diusung Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga pada Kabinet Kerja Jilid II Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Keputusan itu disepakati peserta Rapat Kerja Nasional dan Orientasi DPP KNPI yang berlangsung di Mercure Hotel Ancol, Jakarta Utara 4 – 6 Oktober 2019.

Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama menegaskan, sudah saatnya Lembaga kementerian yang menaungi kepemudaan dijabat oleh orang yang mengerti persoalan pemuda dan olahraga. Sosok Icuk Sugiarto merupakan perpaduan orang yang mengerti kepemudaan karena pernah berkecimpung di KNPI dan juga merupakan pelaku olahraga. Jadi sudah tepat untuk diajukan memangku jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga.

“Selama rakernas KNPI ini berlangsung, kami sudah menakar beberapa sosok atau tokoh yang bisa didorong untuk dimajukan sebagai Menpora periode 2019 – 2014. Setelah menyaring beberapa nama, akhirnya mengerucut kepada sosok Icuk Sugiarto, juara dunia bulutangkis 1983,” kata Haris kepada wartawan usai acara penutupan Rakernas yang dilakukan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hertanto di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (6/10/2019).

Kata Haris, Icuk adalah seorang legenda bulutangkis yang selalu berproses dalam dunia olahraga maupun di kepemudaan. Hingga kini yang bersangkutan masih aktif membina bulutangkis dengan membangun sebuah pemusatan latihan di Sukabumi, Jawa Barat.

Latar Belakang

“Jadi dasar kami memilih Icuk bukan ujuk-ujuk datang begitu saja, kami melihat latar belakang Icuk sebagai mantan atlet yang tak pernah keluar dari jalurnya dalam membangun olahraga dan kepemudaan. Beliau juga pernah menjadi pengurus inti KNPI beberapa tahun lalu, dan mengerti betul bagaimana mengatasi masalah kepemudaan,” lanjut Haris yang mengaku puas dengan pemaparan Icuk dihadapan peserta Rakernas KNPI itu.

Haris menilai, Icuk punya potensi menjadi pemimpin di sebuah kelembagaan pemuda dan olahraga lantaran bilau pernah menjadi staf khusus di Kemenpora pada eranya Menpora Adhyaksa Dault. Kemudian di bidang olahraga beliau juga pernah menjadi ketua umum Pengprov PBSI DKI Jakarta untuk beberapa periode, dan pernah pula duduk dalam kepengurusan PP PBSI di Cipayung. Terakhir Icuk menjadi staf khusus Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang periode yang lalu.

“Yang paling penting bagi kita lembaga kepemudaan di kabinet Jokowi – Ma’ruf dipimpin oleh orang yang paham olahraga dan pemuda dan bukan dari partai politik. Betul bahwa menujuk seorang Menteri itu adalah hak prerogative presiden. Tetapi kita boleh saja mengusulkan sosok yang dianggap pantas untuk menduduki jabatan tersebut,” ucap Haris menambahkan.

Dijelaskan, usai Rakernas DPP KNPI ini pihaknya akan berkirim surat kepada Predisen Jokowi. Ia berharap, harapan teman-teman dari Organisasi Kepemudaan yang tulus mendukung Icuk Sugiarto menjadi Menpora bisa dipertimbangkan oleh Jokowi. (bu)