Friday, 18 October 2019

2 Rumah di Sukabumi Rusak Akibat Tanah Retak

Rabu, 9 Oktober 2019 — 13:15 WIB
Pergerakan tanah merusak dua rumah di Cibadak, Sukabumi. (sule)

Pergerakan tanah merusak dua rumah di Cibadak, Sukabumi. (sule)

SUKABUMI – Pergerakan atau tanah retak mengancam permukiman di Kampung Benda RT 05/06, Desa Karangtengah, Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat.

Bahkan, dua rumah warga dilaporkan mengalami kerusakan berupa lantai dan dindingnya retak. Jarak keretakannya bervariasi, mulai 5 cm hingga lebih dari 30 cm.

Kedalaman keretakan terparah diperkirakan mencapai 10 meter. Namun, hingga kini para penghuni kedua rumah itu yakni milik Awan (60) dan Maman Sulaeman (73) terpaksa belum mengungsi.

“Sebetulnya rumah tetangga juga retak-retak tapi masih kecil. Hanya rumah saya dan Pak Awan yang parah atau besar retakannya,” kata Maman Sulaeman, Rabu (9/10/2019).

Baik keluarga Awan dan keluarganya, kata Maman, belum mengungsi karena tidak ada tempat lain lagi yang harus ditempati. Dia berharap ada bantuan dari pemerintah.

“Ya mau gimana lagi, takut dan was-was selalu ada. Apalagi kayak semalam hujan, khawatir retakan susulan,” keluhnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD, Muhammad Asep menerangkan, sejauh ini belum bisa memastikan penyebab tanah retak tersebut. BPBD masih menunggu hasil penelitian dan kajian dari tim ahli.

“Termasuk apakah nantinya akan diungsikan atau tidak, kami masih menunggu hasil kajian. Tim ahli sudah melakukan penelitian dan kajian,” tandasnya. (sule/ys)

Terbaru

Penutupan jalan di sekitar gedung DPR, Jakarta Pusat.
Jumat, 18/10/2019 — 11:28 WIB
Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI
Selama 4 hari, Polisi Tutup Jalan di Sekitar Gedung DPR