Sunday, 15 December 2019

Kasus Bawa Anjing ke Masjid di Sentul, Pengacara: Tak Ada Kesaksian yang Memberatkan

Rabu, 9 Oktober 2019 — 21:48 WIB
sidang SM

BOGOR – Kasus hewan peliharaan berupa anjing masuk ke dalam Masjid Al-Munawaroh, di Sentul City, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, beberapa waktu lalu, kini  memasuki persidangan.

SM (52) warga Sentul sempat menjadi viral,  membawa anjingnya ke dalam masjid saat mencari suaminya yang dikabarkan menikah lagi di lokasi tersebut.

Alfonsus, pengacara terdakwa SM usai sidang mengatakan, ia merasa saksi-saksi yang dihadirkan di dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Cibinong, Bogor tidak memberatkan kliennya.

“Saksi-saksi yang dihadirkan dalam sidang hari ini, sama sekali tidak memberatkan terdakwa. Dalam kesakian saksi di sidang tadi, semuanya sesuai fakta. Saksi dalam keterangannya, tidak melebihi apapun saat kejadian,” kata Alfonsus kepada wartawan usai persidangan, Rabu (9/10/2019) di Cibinong.

Ditegaskan Alfonsus, dirinya melihat keterangan saksi saat sidang, berbicara apa adanya. “Saya melihatnya sangat meringankan sekali klien kami,” ujarnya.

Menurutnya, keterangan dari saksi tidak ada kesalahan yang dibuat oleh kliennya itu untuk dapat memberatkan terdakwa semasa sidang mendengarkan keterangan para saksi.

“Dari pemaparan para saksi tadi, itu sedikit pun tidak ada kesalahan. Karena dalam asasnya tanpa ada pidana kalau tak ada kesalahan,” jelasnya.

Alfonsus menambahkan, selain perkara dugaan penistaan agama yang dihadapi kliennya,  ada juga laporan dalam kasus pidana murni berupa penganiayaan terhadap penjaga masjid saat peristiwa terjadi.

Untuk laporan pemukulan itu, Alfonsus mengatakan, masuk dalam pasal 351 tentang kekerasan hingga katanya, menyebabkan gigi korban bernama Ishak copot. “Untuk hal ini, klien saya masih terlapor saja,” tegasnya.

Kasus ini sempat viral. Mengantisipasi hal lain, Kepolisian Resor Bogor yang datang kelokasi, lalu mengamankan SM. Saat SM datang ke masjid Al-Munawaroh, Sentul City, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, hewan peliharaannya juga ikut dan masuk kedalam masjid.

Kejadian yang berlangsung Minggu (30/6/2019) sekitar pukul 14.00 WIB ini akhirnya bisa diatasi polisi. (yopi/win)