Tuesday, 15 October 2019

MUI akan Gelar Rakernas V Diadakan di KEK Mandalika Lombok

Rabu, 9 Oktober 2019 — 4:07 WIB
Para pengurus MUI saat menjelaskan rencana Rakernas MUI di NTB. (johara)

Para pengurus MUI saat menjelaskan rencana Rakernas MUI di NTB. (johara)

JAKARTA  –  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat akan menggelar  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V MUI yang akan diadakan  pada 11-13 Oktober 2019 di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah,  Nusa Tenggara Barat (NTB).

Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa’adi di Kantor MUI, Jakarta,  Selasa (8/10). Dalam keterangannya, ia didampingi pengurus MUI lainnya, seperti Ketua MUI KH Muhyiddin Junaidi, Wakil Sekretaris Jenderal Amirsyah Tambunan.

Zainut mengatakan, rencananya rakernas ini akan dibuka Presiden Jokowi dan ditutup oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dia memastikan bahwa dalam forum Rakernas ini tidak ada agenda untuk memilih ketua umum MUI untuk menggantikan KH Ma’ruf Amin yang akan menjabat wakil presiden.

Ia menambahkan Rakernas MUI ini khusus melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja, dan situasi organisasi MUI baik pusat maupun daerah selama tahun 2019.

“Selain itu, membahas dan menetapkan program kerja prioritas komisi/badan/lembaga diingkungan MUI Pusat tahun 2020, dan ini merupakan Rakernas MUI terakhir periode kepengurusan 2015-2020,”  terang Zainut.

Menurut Zainut, rakernas merupakan forum permusyawaratan tertinggi setelah forum Musyawarah Nasional (Munas). Tema Rakernas ini adalah “Meneguhkan Islam Wasathiyah (Islam moderat) untuk Membangun Peradaban Indonesia”.

Zainut menjelaskan Islam Wasathiyah merupakan acuan MUI dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan cita-cita mewujudkan Islam Wasathiyah dalam kehidupan sehari-hari umat Islam, dan nilai-nilainya mewarnai dan menjadi bagian kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan kita. (johara/win)