Tuesday, 15 October 2019

Anies Minta Semua Pintu Air Dibersihkan dari Sampah

Kamis, 10 Oktober 2019 — 20:05 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (yendhi)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (yendhi)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memerintahkan Dinas Sumber Daya Air dan Dinas Lingkungan Hidup, membersihkan seluruh pintu air dari sampah. Hal tersebut untuk memastikan sampah tidak menumbat sehingga aliran air di 13 sungai lancar. Seluruh alat kendali banjir harus dipastikan dalam kondisi siaga.

“Saya minta kedua dinas bekerjasama untuk memastikan seluruh kali san saluran air bebas dari sumbatan sampah,”kata Anies, Kamis (10/10/2019).

Menurut Anies, seluruh alat pengendali banjir yang harus aktif tiap saat. Terutama pintu air dan mesin pompa.”Tiap saat harus dalam kondisi siap,” katanya.

Ia meyakini Jakarta mampu mengatasi banjir. Sebab itu, warga diminta tidak khawatir menghadapi musim hujan yang mulai turun.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaeni Yusuf, mengatakan titik banjir atau lokasi langganan genangan sudah dituntaskan. Termasuk, titik genangan akibat proyek pemerintah semuanya di uatkan saluran baru.

“Saya optimis tidak ada genangan pada musim hujan di Jakarta. Titik-titik langganan genangan di kawasan proyek pembangunan infrastruktur sudah diantisipasi dengan membuat saluran baru,”katanya, Kamis (10/10/2019).

Juaini mengatakan, antisipaai musim hujan tersebut sudah diantisipasi sejak awal. Yakni mengeruk hampir seluruh waduk dan sungai yang menjadi tanggung jawabnya. “Jikapun ada genangan, tidak akan lama seperti yang telah lalu, paling lama 30 menit karena cepat surut.”

Meski demikian pihaknya tetap siaga dengan menyiapkan sebanyak 300 pompa di lima wilayah dan ditambah dengan pompa mobile.

“Ada 80.000 personel yang siap standby. Jadi pas ketika terjadi kita siap dengan peralatan yang kita punya dan satgas-satgas di Dinas Sumber Daya Air,” kata Juaini.

Sementara itu, Andono Warih, Kepala Dinas Lingkungan Hidup mengatakan pihaknya sudah melakukan pembersihan sampah pada sejumlah pintu air.

Ia mencontohkan Pintu Air Manggarai. Swdikitnya pihaknya sudah membersihkan sekitar 400 meter kubik sampah berupa kayu kayuan. (john/yp)