Friday, 18 October 2019

Duh, Puluhan Balita Keracunan Makanan Saat Posyandu

Kamis, 10 Oktober 2019 — 12:13 WIB
Balita dan orang tua yang keracunan makanan dirawat di Puskesmas Kecamatan Pademangan. (deny)

Balita dan orang tua yang keracunan makanan dirawat di Puskesmas Kecamatan Pademangan. (deny)

JAKARTA – Sebanyak 24 balita dan dewasa keracunan makanan saat mengikuti kegiatan di Posyandu RW10, Kelurahan Pademangan Timur, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

Peristiwa itu berlangsung pada Rabu (9/10/2019) sekitar pukul 15.00. Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto menduga makanan yang diberikan pihak Posyandu bermasalah. Sehingga, mereka yang mengkonsumsi makan tersebut mengalami gejala pusing, mual, muntah hingga diare.

“Karena banyaknya korban, maka kemarin dibagi lokasi penanganannya, ada yang rawat jalan, observasi, rawat inap itu di RSUD Pademangan. Nah sebagian juga ada yang ditangani di Puskesmas Kecamatan Pademangan dan ada juga yang dirujuk ke RSUK Tanjung Priok, “ujar Budhi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/10/2019).

Balita dan orang tua yang datang ke lokasi awalnya mengikuti alur pemeriksaan seperti biasa. Mereka didata, ditimbang berat badan, diukur tinggi badannya lalu dicatat. Pemberian makanan dilakukan setelah proses tadi selesai.

“Masing-masing anak dapat nasi, sayur sop, pisang ambon, dan biskuit balita. Dikasih dalam satu paket kantong plastik. Kemarin didata ada 47 orang balita yang terdata,” terang Budhi.

Makanan yang diduga beracun. (deny)

Makanan yang dibagikan di Posyandu RW10, Kelurahan Pademangan Timur, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara. (deny)

Begitu pendataan rampung balita diberi makan oleh orang tua di lokasi. Tapi gejala pusing, mual, muntah-muntah bahkan hingga diare dialami oleh balita.

“Kemudian sebagian besar mereka bawa anak-anaknya ke RSUK Pademangan untuk mendapatkan pertolongan medis,” ujarnya.

Mereka yang dirawat jalan di RSUD Pademangan sebanyak 9 orang balita, 3 balita juga tengah diobservasi. Sebanyak 6 balita dirawat di RSUD Pademangan. Di Puskesmas Pademangan 7 balita kini mendapatkan penanganan, dan RSUK Tanjung Priok juga turut menangani 3 balita. (deny/ys)

Terbaru

Penutupan jalan di sekitar gedung DPR, Jakarta Pusat.
Jumat, 18/10/2019 — 11:28 WIB
Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI
Selama 4 hari, Polisi Tutup Jalan di Sekitar Gedung DPR