Tuesday, 15 October 2019

Kepala BIN Bicara Soal SA, Tersangka Penusuk Wiranto

Kamis, 10 Oktober 2019 — 18:25 WIB
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan. (yendhi)

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan. (yendhi)

JAKARTA – SA alias Abu Rara pelaku penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto selain kerap berpindah tempat untuk menghindari kecurigaan aparat keamanan, diketahui juga lebih satu kali menikah.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan. Menurutnya, SA pempat tinggal di Kediri, Jawa Timur, kemudian pindah ke Bogor, Jawa Barat. Setelah itu SA pindah ke Menes, Pandeglang, Banten, setelah pisah dengan isteri pertamanya.

“Kita sudah pantau khusus pelaku ini tiga bulan yang lalu, kan pindah dari Kediri ke Bogor, kemudian dari Bogor pindah ke Menes karena cerai dengan istri pertama. Di Menes ia menikah lagi,” kata Budi Gunawan di RSPAD, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2019).

BG panggilan akrab Budi Gunawan menegaskan bahwa SA adalah jaringan JAD Bekasi yang masih ada kaitannya dari lima orang perencama bom yang lebih dulu ditangkap di Bekasi.

“Memang sel-sel seperti ini cukup banyak, sehingga kami mengimbau agar masyarakat tidak ikut dan memantau mengawasi sel-sel seperti ini,” tegas BG.

Selama tiga bulan dipantau, SA diketahui kerap mengumpulkan pisau namun belum pada tahap pembuat bom. (yendhi/yp)