Sunday, 15 December 2019

‘Origami’ Jadi yang Terbaik di Festival Film Pendek Buddhis 2019

Jumat, 11 Oktober 2019 — 9:55 WIB
Para pemenang Lomba Film Pendek Buddhis 2019. (ali)

Para pemenang Lomba Film Pendek Buddhis 2019. (ali)

JAKARTA – Film pendek berjudul ‘Dupa’ berhasil menjadi juara 1 Piala Padma 2019 kategori umum dalam lomba film pendek Buddhis yang digelar oleh Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha (LPTG) dengan tema Moderasi Beragama: Beda Itu Asyik.

Film yang disutradarai Suratena produksi Kinjeng Desa Vihara Giri Surya Kulonprogo DIY tersebut mengalahkan 4 finalis yaitu Kami N Jalan, Taman Bunga, Kado dan Kami Menari.

Sementara kategori pelajar film pendek berjudul ‘Origami’ produksi Siege Co Bekasi berhasil menjadi yang terbaik di ajang Piala Padma 2019.

Film besutan sutradara pemula Jevon Patrick Edberth tersebut menyingkirkan 4 finalis lainnya seperti Rasa Kecewa Rio, Negaraku Toleransiku, Berpikir Negatif/Positif dan Regret.

Menurut Rachnat Harsono, koordinator bidang pembinaan LPTGN, ada 35 judul film pendek yang masuk, masing-masing 17 film pendek umum dan 18 film pendek kategori pelajar.

“Kami ambil menjadi lima finalis untuk masing-masing kategori yang diseleksi oleh tim juri seperti Firman Lie, Robert Rony dan Titien Watimena. Mereka mulai dari akademisi, produser dan penulis,” ujar Rachmat Harsono di gedung PPHUI Jakarta, kemarin.

Lebih jauh dia menerangkan, selain bertujuan untuk menyiarkan dan memperdalam ajaran Buddha tentang toleransi beragama, juga untuk menumbuhkan bibit baru dalam dunia industri perfilman.

“Ternyata mereka banyak yang berbakat. Makanya selain memberikan apresiasi, kami juga memberikan bimbingan workshop singkat melalui dewan juri agar mereka mendapat ilmu sehingga wawasan mereka meningkat dan lebih berkualitas,” terangnya.(ali/mb)