Sunday, 17 November 2019

Bangunan Mewah Empat Lantai Dibongkar Petugas

Kamis, 17 Oktober 2019 — 19:34 WIB
Petugas sedang menggempur bangunan mewah di Tebet. (wandi)

Petugas sedang menggempur bangunan mewah di Tebet. (wandi)

JAKARTA  – Rumah mewah di 4 lantai di Jalan Persada Raya, No 2 RT 010/03, Kelurahan Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, diobrak-abrik Satpol PP, Kamis (17/10/2019).

Tindakan tegas ini dilakukan karena pemilik bangunan dalam membangun rumah tersebut tidak sesuai dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang diterbitkan Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Ijin bangunan rumah ini tiga lantai, tapi oleh pemiliknya dibangun empat lantai. Makanya atas pelanggaran ini kami mengambil tindakan tegas membongkarnya,” kata Kepala Satpol PP Jakarta Selatan Ujang Harmawan.

Kata Ujang, berdasar pengawasan Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) pelanggaran pembangunan rumah mewah ini pada lantai empat. Sehingga, seluruh ruang dan kamar yang ada di lantai 4 harus dibongkar sesuai dengan IMB yang diterbitkan BPTSP.

“Ya, rekomendasi Citata kita bongkar seluruh ruang-ruang di lantai 4 sesuai dengan izinnya. Jadi harus disesuaikan dengan IMB-nya, makanya kami membongkar seluruh bangunan yang ada di lantai empat” tambah Ujang.

Sedangkan Kepala Seksi Trantibum Satpol PP Jakarta Selatan Luasman Manihuruk menambahkan, pembongkaran rumah mewah yang dilengkapi dengan fasilitas lift ini, rekomendasi dari Suku Dinas Citata Kecamatan Tebet. Dalam rekomtek yang dikirim ke Satpol PP, hanya bagian bangunan di lantai 4 yang dilaporkan melanggar izin.

“Kalau bangunan bagian lorong lift, kita tidak tahu apakah ada izin atau tidak. Karena sldalam rekomtek itu (lorong lift) tidak disebutkan mereka (Citata), ” kata Luasman.

Sementara itu, Kepala Seksi Citata Kecamatan Tebet Rudi mengaku pembongkaran rumah tinggal tersebut usulan PTSP. Ia pun menolak memberi keterangan terkait pelanggaran bangunan tersebut.

“Tanya langsung ke PTSP saja,” katanya singkat sambil berlalu meninggalkan wartawan. (wandi/win)

Terbaru

Benny K Harman. (rizal)
Minggu, 17/11/2019 — 23:58 WIB
Demokrat Tolak Amandemen UUD 1945