Sunday, 17 November 2019

Penerobos Jalur Sepeda Ditilang

Senin, 21 Oktober 2019 — 6:12 WIB
Pengendara sepeda motor kena tilang karena masuk jalur sepeda di Jalan Pemuda, Jakarta Utara.

Pengendara sepeda motor kena tilang karena masuk jalur sepeda di Jalan Pemuda, Jakarta Utara.

JAKARTA – Petugas Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) bersama unit lalulintas polres Jakarta Timur, mulai memberikan sanksi tegas bagi para penerobos jalur sepeda. Penindakan dengan memberi sanksi tilang, dilakukan lantaran masih adanya pengendara yang melakukan pelanggaran.

Kasie Pengendalian dan Operasional Sudinhub Jakarta Timur, Slamet Dahlan mengatakan, penindakan yang diberikan pihak kepolisian untuk memberi efek jera bagi para penyerobot jalur sepeda. Hal itu terjadi karena ia menilai hingga saat ini kesadaran masyarakat masih kurang. “Karena setiap hari terus kami temukan penyerobot, makanya langsung diberi sanksi tilang,” katanya, Minggu (20/10).

Dikatakan Dahlan, dalam satu hari pihaknya bersama polisi menindak belasan sepeda motor yang menyerobot jalur khusus itu. Dengan sanksi itu, diharapkan pengendara motor semakin sadar akan aksi penerobosan tersebut. “Ini terus kami lakukan setiap harinya, mudah-mudahan kedepannya pelanggar semakin sedikit dan jalur khusus itu bebas dari kendaraan bermotor,” ungkapnya.

Selain memberikan tindakan, Dahlan juga memperketat penjagaan di jalur sepeda yang ada. Hal itu guna mengoptimalkan jalur tersebut sesuai dengan fungsinya. “Karena itu kami juga akan fokuskan operasi lintas jaya di sejumlah jalur sepeda yang ada di wilayah Jakarta Timur,” terangnya.

Operasi Lintas Jaya yang disiapkan, akan menyasar jalur seperti di Jalan Pemuda, Pulogadung, mulai dari Jalan Layur sampai Dana Paint. Sebagai bentuk antisipasi, kita juga memberikan edukasi ke pengguna sepeda motor untuk tidak contra flow atau lawan arah. “Karena kehadiran jalur sepeda sering dipakai sejumlah pengendara motor sebagai sarana untuk melawan arah,” sambungnya.

Dahlan pun menghimbau kepada para pengendara motor untuk tetap mematuhi peraturan yang ada. Karena penyerobotan jalur sepeda yang dilakukan selama ini juga berimbas pada keselamatan diri sendiri dan orang lain. “Selain itu menaati peraturan juga untuk ketertiban dan keamanan kita bersama,” pungkasnya. (ifand/yp)

Terbaru

Benny K Harman. (rizal)
Minggu, 17/11/2019 — 23:58 WIB
Demokrat Tolak Amandemen UUD 1945
Lutfi JW. (mia)
Minggu, 17/11/2019 — 22:00 WIB
Bersama Roy Kiyoshi
Ruben Onsu Disarankan Undang Penuduh Pesugihan Makan Siang Bersama