Friday, 15 November 2019

Pria Berseragam Satpol PP Terekam CCTV Curi Motor

Senin, 21 Oktober 2019 — 21:25 WIB
Maling motor terekam CCTV

Maling motor terekam CCTV

JAKARTA  –  Seorang maling sepeda motor yang dmengenakan seragam Satpol PP, terekam kamera CCTV. Pria dengan seragam dinas lengkap (PDL) itu menjarah motor milik seorang jamaah yang tengah terlelap saat beristirahat di Masjid Jami Al-Hidayah, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Dengan mengenakan PDL dan peci, aksi pencurian yang dilakukan pria tersebut viral di media sosial. Dalam rekaman yang beredar, pria tersebut terlihat mengambil kunci motor dari tas milik jemaat yang tertidur di Masjid. Akibatnya motor Honda Beat yang diketahui milik seorang pengojek online dibawa kabur pelaku.

Terkait hal itu, Kanit Reskrim Polsek Duren Sawit Iptu Fadholi mengatakan, pihaknya memang sudah mendapat informasi akan viral tersebut. Meski begitu, belum dapat dipastikan bahwa pelaku merupakan anggota Satpol PP. “Masih dugaan, kan yang memakai PDL bukan hanya Satpol PP. Bisa saja Security atau orang lainnya,” katanya, Senin (21/10).

Dikatakan Fadholi, pihaknya juga belum dapat mengidentifikasi sosok pelaku karena kualitas rekaman CCTV Masjid cenderung tak jelas. Terlebih, hasil olah TKP yang dilakukan pada Minggu (20/10) kemarin belum dapat dipastikan sosok pelakunya karena tak ada warga yang berhasil memergoki.

“CCTV-nya kurang jelas, jadi enggak bisa dipastikan PDL yang dipakai pelaku. Kejadiannya dini hari, sekira pukul 02.00,” ujarnya.

Sementara itu, Kasatpel Satpol PP Kecamatan Duren Sawit, Andik Sukaryanto menyanggah bahwa oknum tersebut merupakan anggotanya. Bahkan ia juga sudah mendatangi masjid yang jadi lokasi pencurian dan langsung rekaman CCTV. “Bukan, itu bukan anggota kami. Sudah saya lakukan pengecekan secara internal,” tegasnya.

Dari hasil pengamatan itu juga, sambung Andik, rekaman yang terlihat juga buram, dan hitam putih. Dan dari hasil pengamatan, seragam yang terlihat juga jelas bukan milik satpol PP. “Kalau bagi kami yang terbiasa menggunakan seragam Satpol PP, jelas sekali itu bukan seragam kami,” ucapnya.

Selain itu, tambah Andik, terlihat pula ikat pinggang beserta sepatu yang dikenakan pelaku sangat berbeda dengan yang biasa dikenakan. Dimana untuk anggota Satpol PP yang kebanyakan digunakan, ikat pinggang dan sepatu selalu harus warnanya cokelat. “Nah, warna ikat pinggang pelaku dan sepatunya itu hitam. Jelas bukan anggota kami,” ucapnya. (Ifand/win)