Tuesday, 19 November 2019

Rumah Mewah di Tangjungbarat Dibongkar, Pemilik Halangi dengan Mobil

Senin, 21 Oktober 2019 — 20:11 WIB
Mobil milik pemilik rumah yang digunakan untuk menghalangi pembongkaran di derak petugas. (wandi)

Mobil milik pemilik rumah yang digunakan untuk menghalangi pembongkaran di derak petugas. (wandi)

JAKARTA  – Rumah mewah dua lantai tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Jalan Gunuk No 5, Kelurahan Tanjungbarat, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, diobrak-abrik petugas.

Dalam proses pembongkaran ini sempat diwarnai penghalangan oleh pemilik rumah dengan sengaja diparkirkan mobil di garasi rumah tersebut.

Namun, mobil mewah jenis Honda BRV itu, akhirnya dikeluarkan petugas Suku Dinas Perhubungan dengan cara mendereknya keluar dari lokasi perumahan. Setelah mobil berhasil dikeluarkan oleh petugas, rumah dua lantai yang dipasarkan seharga Rp 1,3 miliar itu, langsung digempur petugas dengan peralatan manual.

“Bangunan ini yang kedua kalinya dibongkar. Pemilik membangun rumah tidak memiliki IMB karena lokasinya terkena planning  pelebaran jalan,” kata Kepala Satpol PP Jakarta Selatan, Ujang Harmawan, Senin (21/10/2019).

Menurutnya,  pembongkaran yang kedua kalinya ini merupakan rekomendasi dari Suku Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang. Dalam rekomendasi pertama pada bulan Maret 2019 lalu, bangunan tersebut dilaporkan tidak memiliki izin.

Ditambahnya oleh Ujang, pada awalnya memang dilakukan pembongkaran strukturnya biar tidak berlanjut. Tapi ternyata sesuai dengan pengawasan Citata, pembangunan masih berlanjut tanpa izin.

“Jadi ini pemilik bangunannya memang nakal. Makanya kita kembali melakukan pembongkaran lagi. Padahal sebelumnya sudah diberikan kesempatan untuk merubah zonasi,” tegasnya.

Ujang menambahkan, target pembongkaran kali ini pada bagian bangunan dari lantai satu hingga dua. Ia berharap, pembongkaran bangunan secara menyeluruh kali ini membuat kapok pemilik rumah. “Kita berharap ada efek jera dan tidak kembali melanjutkan pembangunan,” kata dia. (wandi/win)