Friday, 22 November 2019

Wakapolri Ari Dono Jadi Plt Kapolri Gantikan Tito Karnavian

Selasa, 22 Oktober 2019 — 17:53 WIB
Komjen Ari Dono Sukmanto. (dok)

Komjen Ari Dono Sukmanto. (dok)

JAKARTA – Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komisaris Jenderal (Komjen) Ari Dono Sukmanto akan menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang diberhentikan oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (22/10/2019).

“Yang akan menjadi pelaksana tugas (Plt) adalah Wakapolri atau Pak Ari Dono (Komjen Pol Ari Dono Sukmanto), sampai ditentukan lagi siapa pengganti Kapolri,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani selepas rapat paripurna, di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10/2019) siang.

Sebelumnya, Puan mengatakan bahwa pimpinan DPR RI telah menerima surat dari Presiden Jokowi yang isinya meminta persetujuan untuk pemberhentian Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Pemberhentian tersebut karena Tito akan mengemban tugas baru.

“Jenderal Tito Karnavian diberhentikan dari Kapolri sesuai usulan Presiden Jokowi. Selanjutnya, yang bersangkutan akan mengemban tugas negara dan jabatan lain,” ujar Puan.

Sesuai Undang-undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian RI, Tito sendiri tak diperbolehkan untuk rangkap jabatan sesuai regulasi yang berlaku.

(BacaAtas Permintaan Jokowi, Tito Karnavian Resmi Diberhentikan Sebagai Kapolri)

Sebelumnya, beredar kabar bahwa Tito akan menjabat sebagai menteri atau kepala badan setingkat kementerian di masa pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Puan pun tak membantah soal ini. Meski begitu, ia juga enggan membeberkan jabatan baru Tito dan menyarankan untuk menunggu pengumuman Jokowi besok, Rabu (23/10/2019).

Jenderal Tito pun hadir ke Istana Negara pada Senin (21/10/2019) seiring kedatangan sejumlah tokoh yang mengaku dipanggil oleh Presiden Jokowi dan digadang-gadang masuk Kabinet Kerja Jokowi Jilid II. (*/ys)