Sunday, 15 December 2019

Ini ‘PR’ Buat Tito Karnavian Sebagai Mendagri

Rabu, 23 Oktober 2019 — 16:07 WIB
Mendagri Tito Karnavian.(rihadin)

Mendagri Tito Karnavian.(rihadin)

JAKARTA –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mendapt sejumlah PR (Pekerjaan Rumah) dari mantan Mendagri Tjahjo Kumolo.

PR  yang harus diselesaikan Tito salah satunya terkait stabilitas daerah. Di daerah, kata Tjahyo, masih banyak camat yang belum tahu adanya Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Babinsa Koramil, hingga tokoh adat dan agama. Padahal, bersama dengan unsur-unsur tersebut, stabilitas daerah dapat diciptakan.

“Saya yakin dengan Pak Tito yang selama ini sukses membangun audiensi dengan TNI dan pengalamannya di berbagai bidang selama di kepolisian sebagai Kapolri dapat membangun stabilitas di daerah. Sehingga dengan cepat stabilitas di daerah itu dapat terbangun dengan baik,” ujar Tjahjo.

Tito juga dititipkan perihal pencegahan korupsi kepala daerah.  Menurut Tjahjo, selama dia menjabat, ada lebih dari seratus kepala daerah terjerat Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK, padahal pencegahan korupsi sudah ia sampaikan.

Belum lagi, korupsi yang terjadi di tingkat DPRD provinsi, hingga pejabat eselon pemerintah daerah.

Saat serah-terima jabatan di kantor Kemendagri, Tjahjo menyampaikan ucapan selamat kepada  Tito, yang mengemban tugas dan mendapatkan amanah dari Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, selama lima tahun menjabat, Tjahjo sadar banyak pekerjaannya yang masih kurang optimal. Akan tetapi, di tangan Tito, Tjahjo percaya persoalan dapat terselesaikan.

Tjahjo kemudian mengucapkan terima kasih kepada jajaran pejabat dan staf Kemendagri yang lima tahun ini telah mengemban tugas bersama-sama.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf jika ada ucapan atau perbuatannya yang kurang berkenan.

“Saya mohon lebih ditingkatkan mendukung Pak Tito, karena ke depan tantangan akan semakin berat,” ujar Tjahjo.(tri)