Thursday, 05 December 2019

Teropong Ki Jogo Warto: Pelantikan Menteri Jokowi Rabu-Legi Petunjuk Mendapat Peruntungan

Rabu, 23 Oktober 2019 — 7:45 WIB
Joko Widodo mengucapkan sumpah jabatan saat pelantikannya sebagai Presiden RI periode 2019-2024. (timyadi)

Joko Widodo mengucapkan sumpah jabatan saat pelantikannya sebagai Presiden RI periode 2019-2024. (timyadi)

JAKARTA – Penantian masyarakat Indonesia untuk melihat format dan pejabat dalam Kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan terjawab Rabu (23/10/2019). Pada Rabu-Legi ini, Jokowi akan mengumumkan nama-nama menterinya.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan, susunan kabinet sudah selesai dan Senin pagi nama-nama menteri diumumkan, sorenya bisa dilantik. Namun, semua itu diundur, pelantikan akan dilakukan Jokowi pada Rabu yang bertepatan hari pasaran Legi.

Soal pemilihan hari itu menjadi sorotan pemerhati budaya Jawa, Ki Jogo Warto. Ia percaya, pemilihan hari itu sudah melalui pertimbangan matang.

“Baik hari Senin maupun Rabu, keduanya bagus. Tapi kalau memulai pekerjaan memang bagus mulai Senin. Pelantikan hari Senin itu bagus,” katanya.

Hal itu kalau dilihat dari segi Jokowi yang neptu atau neptonnya  jatuh pada Rabu-Pon. Ki Jogo menyadari, pekerjaan Presiden Jokowi untuk menyusun Kabinet Kerja tidak mudah. Ya, kalau orang paham, memilih orang untuk menjalan roda pemerintahan, tidaklah mudah.

Ki Jogo Warto-Jokowi

Maka, wajar saat pelantikan molor menjadi Rabu yang hari pasarannya Legi. Bagi Ki Jogo, pemilihan hari Rabu itu dinilainya tepat.

“Sebab, ketika Senin belum memungkinkan, maka hari lain yang bagus, ya Rabu. Kalau Kamis, janganlah. Itu hari keras,” katanya.

Menurutnya, kalau Jokowi melakukan pelantikan Senin, diuntungkan dengan sifat hari Senin yang memang bagus. Senin dengan hari pasaran Wage, hasilnya memperlihatkan, akan adanya kenaikan derajat.

Namun, situasinya belum memungkinkan, dan dimundurkan menjadi hari Rabu. Bagi Ki Jogo, Rabu juga cocok, pun pula kalau dilihat dari segi hari neptonnya Jokowi.

Berbasis hitungana nepton, maka Rabu – Legi (7 + 5 = 12), apabila ditambahkan neptonnya Jokowi, Rabu –Pon (7 + 7 = 14), maka didapat  28. Bila dibagi 5 akan tersisa 3.

Ini menunjukkan sebutan Gedhong/Bejo, katakanlah hal itu petunjuk akan mendapatkan  keberuntungan. “Ya, saya rasa semua sudah dihitung oleh timnya Pak Jokowi, memilih hari Rabu juga bagus, tapi jangan sampai Kamis, apalagi Jumat. Rabu  sudah pilihan bagus, kalau Senin tidak bisa,” ungkap Ki Jogo. (win/yp)