Saturday, 16 November 2019

Durian si ‘Raja Buah’ Bermanfaat Kurangi Risiko Kanker Hingga Kadar Kolesterol

Minggu, 27 Oktober 2019 — 11:07 WIB
Dading buah durian siap santap.

Dading buah durian siap santap.

BANYAK yang tidak suka pada durian. Baunya menyengat. Sebaliknya banyak juga yang menyukainya. Bahkan ketagihan. Sementara yang lain mengkhawatirkan kandungan gasnya yang tinggi.

Di balik itu semua, durian adalah buah tropis yang unik. Di Asia Tenggara, ia dijuluki “raja buah.” Durian sangat kaya nutrisi, mengandung lebih dari kebanyakan buah-buahan lainnya. Namun, durian juga mendapat julukkan buruk karena baunya.

Berikut adalah manfaat dari buah durian bagi kesehatan tubuh manusia :

Mengurangi risiko kanker. Antioksidan yang ada pada durian dapat menetralisir radikal bebas yang mempromosikan kanker. Dalam satu penelitian tabung reaksi, ekstrak durian mencegah penyebaran sel kanker payudara.  Mencegah penyakit jantung. Beberapa senyawa dalam durian dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko aterosklerosis, atau pengerasan pembuluh darah.

Serat. Manfaat durian lainnya datang dari serat yang terkandung di dalamnya. Serat dalam makanan yang terdiri dari buah, sayur, dan biji-bijian utuh terbukti menurunkan kadar kolesterol, bagus untuk peredaran darah, serta baik untuk kesehatan jantung.

Durian jadi kegemaran sebagian warga Jakarta Durian si ‘Raja Buah’, banyak digemari warga.(dok)

Kalium. Durian juga mengandung kalium yang dipercaya dapat memberikan beragam kebaikan untuk tubuh. Setidaknya terkandung 436 mg kalium di dalam 1 buah Kalium sendiri dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan otot, tulang, saraf dan pembuluh darah, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Tinggi karbohidrat. Bagi orang yang tidak memiliki masalah dengan gula darah, manfaat durian juga bisa didapat dari kandungan karbohidrat di dalamnya yang cukup tinggi. Dalam satu buah durian, terdapat sekitar 150 kalori. Jumlah ini cukup untuk menjadi sumber makanan penambah energi yang mengenyangkan.

Bagaimana? cukup terkejut kan dengan manfaat durian dan kandungan gizi di dalamnya? Tunggu dulu, jangan terburu-buru melahap buah lezat ini. Meski aroma dan cita rasanya sangat menggoda, jika mengonsumsinya berlebihan, buah ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut. Misalnya perut terasa kembung, muntah, dan bahkan diare.

Bagi para pecinta durian, manfaat buah ini akan menambah rasa cinta mereka untuk menikmati Si Raja Buah. Tapi, bagi yang sedang menjalani pola makan untuk menurunkan berat badan, sebaiknya membatasi konsumsi buah durian, karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi. (niswah/dms)