Saturday, 16 November 2019

Rambut Rontok? Hindari Makanan Ini

Minggu, 27 Oktober 2019 — 8:34 WIB
Aneka gorengan bisa memicu rambut rontok. (ilustrasi/reuters)

Aneka gorengan bisa memicu rambut rontok. (ilustrasi/reuters)

MASALAH rambut rontok bisa terjadi karena berbagai faktor. Mulai dari faktor usia, hormonal, pewarnaan, pelurusan, hingga proses pengeritingan bisa menjadi penyebab utama terjadinya kerontokan rambut.

Selain sejumlah faktor tersebut, asupan makanan juga ternyata berpengaruh terhadap kondisi kesehatan rambut sehingga ketika mengonsumsi makanan yang salah, kerontokan rambut Anda bisa semakin parah. Jika Anda saat ini mengalami masalah rambut rontok, maka hindarilah beberapa jenis makanan berikut ini supaya rambut kembali sehat dan rambut rontok bisa berkurang.

Berikut makanan yang harus dihindari saat rambut rontok yang dirangkum dari berbagai sumber :

Makan Pedas. Makanan pedas ternyata mampu memperparah masalah rambut rontok. Pasalnya, rasa pedas akan menyebabkan sirkulasi darah yang cukup ekstrem sehingga menyebabkan keringat secara berlebihan. Sementara, keringat ini akan membentuk sebum yang terdiri dari lemak dan juga keratin yang akan membuat kulit kepala kekurangan oksigen dan menyebabkan kerontokan rambut menjadi lebih parah. Asupan oksigen yang minim akan menyebabkan kulit kepala rusak dan menutup folikel rambut atau kantung kecil tempat akar satu helai rambut berada.

Goregan. Juga menjadi makanan yang harus dihindari jika Anda ingin mendapatkan rambut sehat. Kandungan kolesterol tinggi di dalam gorengan akan memperparah masalah kerontokan pada rambut Anda. Kolesterol juga bisa mengganggu masalah metabolisme pada tubuh Anda. Jadi, hindari konsumsi gorengan jika Anda ingin memiliki rambut lebih sehat.

Minuan Beralkohol. Anda harus menghindari minuman beralkohol selain tak baik untuk jantung dan lambung, juga ternyata akan memperburuk kondisi rambut yang mengalami kerontokan. Survei membuktikan jika alkohol akan memberikan stimulasi lebih parah pada masalah rambut rontok. Jadi, jangan konsumsi minuman beralkohol jika Anda ingin memiliki rambut yang sehat. Supaya masalah rambut rontok tidak semakin parah, sebaiknya Anda harus menghindari beberapa jenis makanan di atas dan lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Konsumsi makanan sehat dengan nutrisi penting supaya kesehatan rambut tetap terjaga dengan baik. Protein, omega 3 dan juga kalsium ternyata dibutuhkan oleh rambut.

Nah Jadi, sebaiknya Anda mengonsumsi daging merah, telur, ikan, daging ayam, serta berbagai jenis sayuran sehat. Jangan lupa juga untuk penuhi asupan zat besi dengan konsumsi kacang-kacangan dan sayuran hijau.  (alfi syahrin/m9/dms)