Saturday, 16 November 2019

Sopan Santun di Jalan, Bagus itu

Rabu, 6 November 2019 — 6:45 WIB
macet

POKOKNYA aku suka jengkel  kalau ada pengendara mobil klakson klakson, padahal kan aku sudah jalan di pinggir. Baru naik mobil aja udah blagu! Terutama tuh, sopir angkot yang seneng banget mainin klakson, emang jalanan punya dia doang apa?

Itu barusan baru soal klakson, belum lagi ulah pengendara mobil yang ngebut,ugal-ugalan, berhenti dan ngetem sembarangn. Nggak ada hais-habisnya tuh, yang namanya angkot, sekali lagi angkot, ngetem di pas lampu merah. Bikin gregetan kendaraan lain.

Itu tadi ulah, pengendara mobil. Motor pun punya masalah banyak. Ada yang SMS, WA, telepon sambil jalan. Yah, pokoknya macam-macamlah. Belum lagi sein belok yang nggak sejalan. Belok kanan, sein kiri, sering terjadi itu. Memotong di depan kendaraan sementara, pengendara lain menyerobot dari samping, ini sangat berbahaya, apa lagi yang memotong secara garis lurus.

Eh, ada yang juga suka banget tuh, memotong jalan, memutar dengan kontra flow, padahal ada jalan yang memutar yang lebih aman.

Ya, itu barusan adalah ilustrasi klise yang biasa terjadi setiap hari di jalan raya. Banyak banget masalah, dan  dilakukan oleh para pengendara terus menerus, nggak peduli bahaya bakalan mengancam dirinya.

Banyak kasus kecelakaan yang terjadi karena keteledoran si pengendaranya sendiri. Nggak pake perlengkapan memadai, helm, atau ngebut, motor menabak trotoar, pengendaranya tewas seketika.

Kembali pada etika berkendaraan di jalan. Sopan santun harus dipakai, jangan mentang-mentang ini jalan raya nggak bertuan? Bukan begitu, ingat jalan raya itu milik bersama, jadi bukan diri sendiri saja yang bisa menikmati, ada banyak orang lain disitu. Dari yang naik mobil, motor sepeda dan pejalan kaki yang punya hak sama.

Jadi kalau ada perselisihan, ya selesaikan denga baik-baik, kalau salah minta maaf, begitu sebaliknya. Kalau saja pengendara begitu semua, bakalan nggak ada ribut di jalan. Jangan main gebrak, misalnya petugas polisi yang ribut sama sopir ambulance yang lagi membawa orang sakit. Hemm kayaknya nggak patut ditiru,tuh! (massoes)