Saturday, 16 November 2019

Pejabat Luar DKI Berpeluang Jadi Kepala Dinas

Jumat, 8 November 2019 — 9:09 WIB
Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta. (yendhi)

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta. (yendhi)

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta akan membuka lelang dua jabatan eselon II. Guna mengisi posisi Kepala Dinas Pariwisata DKI dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberi peluang pejabat dengan pangkat minimal IV C baik dari kementerian ataupun lingkup pemprov.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir, mengatakan dirinya sudah diminta gubernur untuk segera mengisi dua jabatan tersebut. “Pak Gubernur meminta agar pejabat yang lolos betul-betul bersedia bekerja keras untuk masyarakat,” kata Chaidir, Kamis (7/11).

Chaidir memastikan sistem seleksi nantinya berjalan objektif dan terbuka.”Tidak ada istilah pejabat “titipan”. Pak Anies sudah mewanti masalah ini,” jelasnya.

Seperti diketahui, Kepala Dinas Pariwisata dan Kepala Bappeda baru baru ini mengundurkan diri akibat kehebohan masalah anggaran. Sebab, belakangan muncul anggaran anggaran yang dinilai janggal. Seperti dana untuk menyewa influenzer Rp5 miliar di Dibas Pafiwisata serta anggaran Lem Aibon.

Menurut Chaidir, dalam proses lelang nantinya akan ada sejumlah tahapan. “Sama seperti lelang barang dan jasa selama 15 hari, nanti kita umumkan. Tarohlah minggu depan rekomendasi turun dari KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) boleh buka, berarti tanggal 11 sampai 15 hari ke depan dibuka di website,” katanya.

Seleksi pejabat dilakukan melalui panitia seleksi terdiri atas beberapa akademisi dari UI, UGM, IPB, pengamat pemerintahan, dan independen.

“Nanti diwawancara sampai ketemu semua hingga menemukan masing masingjabatan 3 terbaik. Kemudian disampaikanlah ke gubernur untuk public hearing. Dan akan diputuskan calon terbaik,” pungkasnya.(john/ruh)

** Berita ini terbit di harian Pos Kota, 8 November 2019