Friday, 06 December 2019

Peringatan 1 Desember West Papua

Polri Kedepankan Dialog, Lemkapi: Sangat Arif dan Memberikan Kenyamanan

Selasa, 12 November 2019 — 14:12 WIB
Direktur  Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan.(ist)

Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan.(ist)

JAKARTA – Kebijakan Polri yang mengedepankan dialog menjelang peringatan deklarasi berdirinya negara West Papua pada 1 Desember 2019 disambut baik masyarakat setempat.

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian indonesia (Lemkapi) menilai langkah itu dinilai banyak pihak sangat positif dan baik bagi Indonesia yang damai.

“Kebijakan keamanan yang digagas Kapolri sangat arif dan memberi kenyamanan kepada masyarakat Papua,” ungkap  Direktur Eksekutif  Lemkapi Dr. Edi Hasibuan  di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Menurut mantan anggota Kompolnas ini, hasil pemantauan pihaknya, situasi keamanan Papua kini sangat kondusif.
TNI dan Polri terus bersinergi serta melakukan komunikasi dengan berbagai pihak termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Kami ajak semua pihak mendukung terciptanya keamanan yang kondusif di Papua tanpa perlu membuat  pengamanan khusus,” ujar Edi.

“Sejak awal kami melihat tidak ada pengamanan khusus dan strategi pengamanan berjalan biasa-biasa saja,” tambah pakar hukum Kepolisian Program Pendidikan Pascasarjans Universitas Bhayangkara Jakarta  ini.

Doktor hukum ini menegaskan, pendekatan Polri kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat selama ini sudah  berjalan baik dan disambut baik masyarakat setempat. (tiyo/ys)