Thursday, 05 December 2019

Situ Rawa Besar Ditata, Puluhan Rumah Ditertibkan

Kamis, 14 November 2019 — 11:40 WIB
Salah satu alat berat ekskavator tengah mengeruk lumpur di sekitar bangunan rumah warga yang telah dibongkar di pinggir Situ Rawa Besar, kampung Lio, Depok. (anton)

Salah satu alat berat ekskavator tengah mengeruk lumpur di sekitar bangunan rumah warga yang telah dibongkar di pinggir Situ Rawa Besar, kampung Lio, Depok. (anton)

DEPOK – Puluhan bangunan yang berada di pinggir atau lahan kawasan sekeliling Situ Rawa Besar, Kampung Lio, Kel. Depok secara perlahan ditertibkan dan dibongkar sendiri para pemilik bangunan. Hal ini dilakukan untuk mensukseskan program penataan lahan resapan air, membuat jogging track, taman dan lainnya.

“Kami mendukung program Pemkot Depok untuk melakukan penataan pinggiran Situ Rawa Besar yang sangat diharapkan masyarakat Kota Depok sebagai salah satu tempat wisata, olahraga air, taman, jonging track dan lainnya,” kata  Habib Idrus Al Gadri, tokoh warga RW 013, Kel. Depok, Pancoran Mas, Kamis (14/11/2019).

Pemilik rumah dan bangunan yang terkena proyek penataan persis di pinggir Situ Rawa Besar, memang sudah beberapa kali mendapatkan surat peringatan dari Pemkot Depok kaitan adanya proyek normalisasi situ. Oleh karena itu. secara sadar pemilik bangunan membongkar sendiri bangunannya.

Menurut dia, kesadaran warga dan pendekatan jajaran DPUPR Depok dinilai sangat efektif sehingga kegiatan penataan pinggir Situ Rawa Besar yang kumuh dan semrawut nantinya bakal bersih, aman dan nyaman untuk kegiatan masyarakat banyak yang ingin berolaharga, bersantai dan lainnya.

Peran Serta Warga

Sedangkan, Pimpinan proyek, Gerald, mengaku sama sekali tidak ada hambatan dalam kegiatan pengerukan dan pekerjaan penataan pinggir Situ Rawa Besar, Kampung Lio. “Alhamdulillah, aWarga RW 013 khususnya pinggir Situ Rawa Besar juga berperan penting karena secara sukarela membongkar sendiri bangunan atau tempat tinggalnya selama ini yang terkena proyek penataan tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Depok Muhammad Idris didampingi Dadan Ruswandi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) setempat, mengakui kondisi di lapangan khususnya pinggir Situ Rawa Besar mulai dilakukan pengerukan dan pembuatan turap setelah puluhan pemilik bangunan atau rumah membongkar sendiri tempat tinggalnya selama ini.

Pinggir Situ Rawa Besar, kampung Lio ini memang sudah diprogram untuk ditata dan diperbaiki sebagai tempat rekreasi, olahraga dan bermain masyarakat. “Jogging track, taman dan lainnya bakal dibangun di lokasi ini,” tuturnya yang berterima kasih dengan masyarakat karena peran serta dan dukungan kegiatan di lapangan. (anton/mb)