Thursday, 12 December 2019

Ada Kereta Semi Cepat, Waktu Tempuh Jakarta-Surabaya jadi Hanya 5,5 Jam

Jumat, 15 November 2019 — 15:14 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

SEMARANG – Proyek Kereta semi cepat Jakarta-Surabaya ditargetkan mulai beroperasi 2020 mendatang. Jalur kereta yang dibangun kerja sama antara Pemerintah RI dengan Jepang itu akan melintasi beberapa daerah di Jawa Tengah.

Beberapa stasiun di provinsi ini juga akan menjadi tempat berhenti kereta semi cepat itu. Di antaranya di stasiun Kota Semarang.

Kereta semi cepat ini akan memangkas waktu tempuh Jakarta-Surabaya dengan kereta biasa yang selama 10 jam menjadi hanya 5,5 jam saja. Sementara waktu tempuh dari Semarang-Jakarta atau sebaliknya hanya dibutuhkan waktu tiga jam.

Kondisi ini menurut Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, akan menjadi daya tarik orang untuk berkunjung ke Jawa Tengah. Sehingga dampaknya akan mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Maka sudah menjadi tanggungjawab kami untuk mendorong dan memenuhi pembangunan yang direncanakan pemerintah pusat di Jawa Tengah,” katanya, Jumat (15/11/2019).

Taj Yasin sendiri telah bertemu dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii untuk membahas proyek ini. Dalam pertemuan yang digelar di Kantor Gubernur Jateng, Kamis (13/11/2019) itu, dipaparkan mengenai progres pembangunan kereta semi cepat.

Dalam pembahasan itu disebutkan jika paling lambat tahun depan, pembangunan fisik sudah bisa dilakukan. (suatmadji/ys)