Tuesday, 10 December 2019

Pingin Kuku Cantik Alami? Ini Cara Merawatnya

Minggu, 17 November 2019 — 8:22 WIB
Perawatan kuku dengan lemon. (ist)

Perawatan kuku dengan lemon. (ist)

MEMBIARKAN kuku tumbuh panjang agar terlihat cantik dan menganggapnya sebagai suatu fashion, menjadi ciri khas wanita. Namun, merawat kuku bagi sebagian orang tidaklah mudah. Merawat kuku adalah kegiatan yang penting. 

Memiliki kuku yang sehat dan cantik merupakan hal yang diinginkan wanita. Sebagian wanita sudah terbiasa menghabiskan uang ratusan hingga ribuan untuk melakukan perawatan kuku di salon. Sebenarnya perawatan kuku dapat dilakukan sendiri di rumah dengan meggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemui. 

Kuku yang bersih dan sehat dapat mencegah dari bebagai penyakit.  Berikut adalah 5 cara alami yang dapat dilakukan untuk menjaga kuku agar sehat dan cantik terawat yang diambil dari berbagai sumber: 

Pertama, olesi kuku dengan minyak zaitun. Berkaitan dengan kecantikan tentu berkaitan pula dengan minyak zaitun yang memiliki banyak khasiat. Membantu memperkuat jaringan pada kuku sehingga mampu menjaga kesehatan kuku.

Cara perawatannya dengan menghangatkan minyak zaitun terlebih dahulu, lalu oleskan ke kuku dengan menggunakan cutton bud. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas menggunakan air hingga bersih. 

Kedua, rendam air menggunakan air jeruk. Untuk mengkilaukan kuku cara ini dapat dilakukan dengan merendam kuku dalam wadah yang berisikan air hangat yang dicampurkan perasan air jeruk. Rendam kuku selama15-20 menit, lalu bilas menggunakan air hingga bersih. 

Ketiga, gosok kuku dengan lemon atau belimbing wuluh. Vitamin C pada lemon atau belimbing wuluh dapat memperbaiki kelembaban alami kuku.

Selain itu juga dapat mengangkat kotoran yang menempel pada kuku, sehingga dapat membuat kukuterlihat lebih bersih berkilau. Cara penggunaannya dengan menggosok-gosok lembut lemon atau belimbing wuluh ke bagian ujung kuku agar airnya dapat meresap ke dalam dan mengeluarkan kotoran dari dalam kuku. Setelah selesai bilas menggunakan air hingga bersih. 

Keempat, menggunakan lidah buaya. Lendir dari lidah buaya mampu melembabkan kuku yang dehidrasi. Lendir lidah buaya juga dapat menyembuhkan bagian pinggir kuku yang luka akibat pemotongan kuku yang terlalu dalam dan dapat membuat kuku menjadi lebih sehat. Kuku
Cara penggunaannya masih sama dengan cara mengoleskan ke bagian kuku untuk kelembaban kuku dan menjadikan kuku yang berkilau. 

Kelima, bawang putih. Meski menimbulkan bau yang kurang sedap pada saat penggunaan, bawang putih dapat mencegah berbagai masalah kuku. Seperti mencegah kuku yang mudah rapuh, retak maupun patah. Serta bawang putih dapat menghindari jamur yang terdapat di kuku.

Cara pemakaiannya dengan membelah bawang putih lalu langsung mengoleskannya ke kuku lalu diamkan hingga meresap lalu membilasnya. Merawat kuku juga di sarankan untuk menjaga makanan. Karena bukan saja butuh perawatan dari luar, perlu juga perawatan dari dalam.

Di antaranya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium, seperti yogurt, susu, keju, dan yang lainnya.  

Selain itu rajin mengkonsumsi sayuran yang mengandung zats besi dan vitamin A. Dan konsumsi buah-buahan yang baik untuk kuku dan baikuntuk tubuh. (sarah/m2/yp)