Wednesday, 11 December 2019

5 Perampok Satroni BRI Kalianda, Gagal Angkut ATM

Senin, 18 November 2019 — 12:52 WIB
ATM BRI Kalianda yang  gagal dijebol perampok.(ist)

ATM BRI Kalianda yang gagal dijebol perampok.(ist)

LAMPUNG – Aksi kawanan perampok bersenjata api (senpi) menyatroni Bank BRI Unit Kalianda di Jalan Radin Intan, Kelurahan Way Urang, Kalianda, Lampung Selatan, Senin (18/11/2019) dinihari sekitar pukul 02.30 WIB.

Petugas keamanan (Satpam) BRI Unit Kalianda, Eko Setiawan mengatakan, kawanan perampok tersebut berjumlah 5 orang. Para pelaku tersebut, langsung menuju ke mesin ATM yang berada tepat di samping kanan kantor BRI.

“Ada lima orang pelakunya, mereka ada yang bawa senjata api, senjata tajam dan juga linggis,” ujarnya.

Dikatakannya, kawanan berampok tersebut, menyatroni kantor BRI Unit Kalianda, menggunakan mobil Avanza warna silver. Pelaku yang berjumlah lima orang tersebut, tiga diantaranya turun menuju mesin ATM.

Dua pelaku masuk dan berusaha mencongkel mesin ATM dengan linggis dan satu pelaku lagi yang tadinya berada dalam mobil, keluar dari kendaraan sembari membawa seperti rantai atau kawat seling.

Kemudian, kata Eko, para pelaku menarik mesin ATM menggunakan kendaraan mobil tersebut. Tapi kawat seling yang digunakan untuk menarik terlepas, lalu menghantam kaca ruangan mesin ATM hingga pecah. Dirasa gagal dengan aksinya itu, taklama kemudian para pelaku langsung melarikan diri.

“Para perampok tersebut, beraksi sekitar 10 menit dan mereka kabur setelah menjebol mesin ATM yang ditarik pakai mobil. Nominal pasti uangnya, saya gak begitu paham. Tapi kayaknya sih, hanya uang rejeh dari transaksi ATM yang dibawa sama pelaku dan besarnya mungkin sekitar Rp 1 juta,”ungkapnya

Eko mengaku, saat kawanan perampok itu datang, ia dalam keadaan jaga di dalam kantor dan memantau pergerakan mereka (perampok) melalu kamera pengintai CCTV (closed circuit television). Bahkan ia juga sembari chat via WhatsApp ke teman-teman sesama petugas keamanan bank di Kalianda, berharap mendapat kontak pihak kepolisian.

“Kalau bagian ruangan Kantor BRI aman. Dugaan saya, para perampok hanya mengincar uang yang ada di mesin ATM,”terangnya.

Selanjutnya, ia melaporkan kejadian aksi pelaku perampokan tersebut, ke Mapolres Lampung Selatan. Berselang sekitar 30 menit setelah kejadian, petugas kepolisian datang ke lokasi kejadian.

Kasus perampokan tersebut, saat ini sudah ditangani pihak kepolisian Polres Lampung Selatan. Petugas dari Infais dan Reserse Polres Lampung Selatan, sudah memasangi police line (garis polisi) di lokasi kejadian di sekitar mesin ATM.

Kapolres Lampung Selatan, AKBP M. Syarhan saat dikonfirmasi terkait adanya kejadian aksi perampokan di BRI Unit Kalinda membenarkan bahwa pihaknya sudah menerima laporan kejadian tersebut. Pihaknya sudah mendatangi lokasi kejadian melakukan olah TKP, dan meminta keterangan saksi.

“Ya benar, saat ini kasusnya masih dalam penyelidikan dan mendalami motif pelaku,”singkatnya. (Koesma/tri))