Sunday, 15 December 2019

Kecamatan Tamansari Giat Komposting Sampah

Senin, 18 November 2019 — 6:06 WIB
Jajaran ASN Kecamatan Tamansari, Jakbar berjibaku dalam komposting sampah. (Rachmi)

Jajaran ASN Kecamatan Tamansari, Jakbar berjibaku dalam komposting sampah. (Rachmi)

JAKARTA – Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat berjibaku dalam pengolahan komposting sampah organik dan an-organik.

“Kami bertekad menekan volume sampah, antara lain dengan memacu komposting sampah berasal dari lingkungan kantor maupun lingkungan sekitar,” kata Sekretaris Kecamatan Tamansari, Pangestu Aji, saat monitoring pengolahan sampah di halaman kantor Kecamatan Tamansari, Minggu (17/11/2019).

Ia menjelaskan jajaran ASN setempat memang dibekali program 3 R (recycle,reduce dan reuse) bertujuan untuk mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPST Bantar Gebang. Selain untuk menekan polusi lingkungan yang disebabkan dari sampah.

Diharapkan jajaran ASN dapat menjadi duta lingkungan bagi diri sendiri, keluarga, rekan kerja hingga masyarakat untuk bersama-sama menciptakan lingkungan hijau dan bersih dari ancaman sampah.

“Melalui komposting sampah, para ASN antusias memilah sampah organik dan an-organik untuk kembali bisa dimanfaatkan ulang sesuai jenis sampahnya,” imbuh Pangestu.

Sampah organik digunakan untuk pemupukan bagi pepohonan di kantor kecamatan. Adapun sampah an-organik diolah menjadi tempat tisu, tas, asesoris, dompet dan lainnya.

Ia menambahkan selain kalangan ASN, Kecamatan Tamansari juga merangkul pengurus RT-RW dan masyarakat untuk melek dalam mengolah sampah serta mendukung kelestarian lingkungan. Termasuk di kantor swasta, pertokoan, lembaga pendidikan hingga rumah sakit. (rachmi/yp)