Thursday, 12 December 2019

Kontingen Pramuka Jaksel Wakili DKI Jakarta Ikuti KPM di Bogor

Selasa, 19 November 2019 — 5:31 WIB
Kontingen pramuka Jakarta Selatan saat dilepas oleh Sekko Jakarta Selatan. (wandi)

Kontingen pramuka Jakarta Selatan saat dilepas oleh Sekko Jakarta Selatan. (wandi)

JAKARTA – Setelah mengikuti seleksi yang sangat ketet akhirnya kontingen Pramuka Kwarting Cabang Kota Jakarta Selatan (Kwarcab Jaksel), mengikuti Kemah Penggalang Milenial (KPM) Tingkat Nasional Tahun 2019.

Kegiatan yang di gelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, ini akan berlangsung selama lima hari di Bogor, Jawa Barat.

Sekertaris Kotamadya Jakarta Selatan, Munjirin saat melepas kontingen dari Jakarta Selatan mengatakan, mereka yang mengikuti kegiatan ini merupakan orang-orang yang terpilih. Para peserta ini merupakan utusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sehingga tim pramuka ini harus benar-benar menjaga kekompakan.

“Selain menjadi kebanggaan tersendiri, tentunya di pundak ada beban tersendiri untuk mengangkat atau menjaga nama Provinsi DKI Jakarta. Jaga kekompakan, kalau memang ada yang menonjol di dalam prestasi tertentu, tunjukkan yang terbaik, persembahkan yang terbaik untuk DKI Jakarta,” ungkap Munjirin, Senin (18/11/2019).

Sementara itu, Pembina Pramuka Kwarcab Jaksel Bambang Sutejo menjelaskan, Kemah Penggalang Milenial merupakan kegiatan yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh para peserta setingkat penggalang garuda.

“Penggalang Garuda ini merupakan penggalang yang sudah memiliki tingkatan yang paling tinggi. Di sana berkumpul dari seluruh Indonesia. Kontingen pramuka dari Jakarta Selatan ini, selain mewakili tingkat Jakarta Selatan, pihaknya juga turut mewakili Kontingen untuk Provinsi DKI Jakarta,”terang Bambang Sutejo.

Ditambahkan oleh Pembina Pramuka Kwarcab, Jaksel kegiatan ini sebetulnya sangat mepet, karena surat masuk ke kami 9 November. Meskipun mepet, namun antusiasme para kontingen sangat tinggi untuk mengikuti acara tersebut.

Sedangkan Orinthia Ferliyana Putri salah seorang peserta  mengaku dirinya bangga dilibatkan kegiatan ini. Meski persiapan terlalu mepet tidak membuat ia sulit dalam mempersiapkan diri.

“Karena sebagai Kontingen Penggalang Garuda memang kita wajib dan siap sedia untuk mengikuti seperti ini. Harapannya dengan mengikuti kegiatan ini bisa mendapatkan pengalaman yang lebih dari sebelumnya,” kata Putri. (wandi/tri)