Tuesday, 17 December 2019

Gibran Lebih Dipilih karena Alasan Emosional

Senin, 16 Desember 2019 — 15:57 WIB
Gibran-Bobby-(instagram)

Gibran-Bobby-(instagram)

JAKARTA – Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun melihat pemilih Gibran Rakabuming Raka pada Pilkada akan didominasi alasan emosional dibanding dengan alasan yang bersifat rasional. Rico mengatakan berdasar survei yang dilakukan Median pada 3 Desember hingga 9 Desember, pemilih Gibran didasari pada faktor usia muda dan anak Joko Widodo.

Di sisi lain pemilih rasionalitas lebih memilih Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo yang direkomendasikan DPC PDIP Solo. Rico mengatakan pemilih Purnomo lebih didasari pada faktor pengalaman di pemerintahan Kota Solo.

“Faktor emosional dalam memilih Gibran jauh lebih tinggi dibandingkan faktor emosional dalam memilih Achmad Purnomo,” ujarnya saat memaparkan temuannya di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019).

Diketahui berdasarkan survei, terdapat tiga alasan memilih Gibran yakni usia muda (27,8%), anak Jokowi (18,5%) dan pengusaha kreatif (13%). Sedangkan Purnomo dipilih berdasarkan alasan berpengalaman (42,5%), merakyat (8,3%) dan belum ada calon lain (6,1%).

Lebih lanjut Rico melihat kinerja Jokowi akan mempengaruhi elektabilitas Gibran. Hal ini tidak terlepas dari persepsi terhadap Gibran yang dianggap sebagai  representasi Jokowi.

“Jadi kami bisa katakan, kinerja Pak Jokowi akan mempengaruhi juga pilihan terhadap Gibran,” tandas dia. (ikbal/mb)