Wednesday, 26 September 2018

Sukabumi H+2 : Arus Wisatawan Padat Lancar

Selasa, 21 Agustus 2012 — 16:00 WIB
Lebaran Sukabumi-H+2

SUKABUMI (Pos Kota) – Arus lalu-lintas di lintasan Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (21/8), terpantau padat lancar. Kepadatan terjadi akibat membludaknya arus balik bersamaan dengan arus wisatawan yang hendak berlibur ke sejumlah objek wisata, terutama ke Pantai Palabuhanratu.

Pantauan Pos Kota, di lintasan jalur utama kondisi arus lalin masih terlihat lancar. Terjadi kepadatan arus hanya di titik-titik tertentu terutama di tiap persimpangan jalan. Seperti di pertigaan Cidahu dan pertigaan Cikidang. Pasalnya, laju kendaraan terhambat karena keluar masuknya ke jalan pertigaan tersebut. Sementara, kepadatan di Cikidang dikarenakan banyaknya kendaraan wisatawan yang hendak ke arah Pelabuhan Ratu.

“Jumlah wisatawan per harinya mencapai 30 ribu orang. Mereka masuk ke Sukabumi untuk berlibur terutama ke Pelabuhan Ratu. Namun arus lalin secara umum terpantau padat lancar,” Kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Dishubminfo) Kabupaten Sukabumi, A. Riyadi kepada Pos Kota, Selasa (21/8) siang.

Untuk mengantisipasi kemacetan, terutama arus wisatawan pihak Dishubminfo setempat melakukan rekayasa jalan. Setiap kendaraan yang menuju ke Pelabuhanratu hanya diperbolehkan melewati ruas utama yakni jalan Cikembar. Sementara ruas jalan alternatif Cikidang dijadikan searah dari arah Pelabuhan Ratu.

“Arus wisatawan diperkirakan akan terus bertambah hingga akhir pekan depan. Untuk kelancaran arus lalin kita terjunkan petugas,” ujarnya.

Pantauan Pos Kota, sejumlah wisatawan kebanyakan dari arah Jakarta. Tidak sedikit dari mereka menggunakan kendaraan bak terbuka dan roda dua. (Sule/dms)

foto:
Kepadatan arus lalin terjadi di persimpangan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (21/8) siang. Foto; sule