Wednesday, 21 November 2018

Petugas Dari Berbagai Unsur Berjibaku Evakuasi Korban Banjir

Senin, 13 Januari 2014 — 18:02 WIB
jibaku131

JATINEGARA (Pos Kota) – Berbagai unsur terjun di kawasan Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, untuk membantu korban banjir. Mereka diterjunkan untuk menjemput warga yang masih bertahan dirumahnya.

Tampak puluhan petugas mulai dari TNI, Polisi, Pemadam Kebakaran, Satpol PP hingga relawan, dengan menggunakan perahu karet, menerjang derasnya aliran air kali Ciliwung demi menyelamatkan warga.

Kodam Jaya menerjukan 3 SSK atau setara dengan 90 anggota. Tak hanya itu, lima perahu karet juga diterjunkan untuk membantu proses evakuasi warga. “Saat ini Kodam Jaya masih terus berkonsentrasi menangani pengungsi. Untuk bantuan akan dilakukan selanjutnya,” kata Kepala Penerangan Kodam Jaya, Letkol Inf Mukhtar.

Sementara itu, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (PKPB) DKI Jakarta, 800 petugas diterjunkan di berbagai titik banjir. Setidaknya, satu perahu karet disiapkan di titik-titik rawan banjir. “Jumlah personil ini siap untuk saling mengisi titik-titik yang memang butuh tambahan personil. Begitu juga dengan perahu karet yang bisa bertambah sesuai kebutuhan,” kata Kepala Dinas PKPB DKI, Subejo

Lain lagi dengan petugas Satpol PP Jakarta Timur, 500 anggota diterjunkan di berbagai titik banjir. Pasalnya, di wilayah Jakarta Timur ada empat titik banjir yang banyak dilalui aliran sungai. “Petugas kita sebar di 4 kecamatan seperti, Jatinegara, Makasar, Matraman, Duren Sawit dan Ciracas,” kata Kasatpol PP Jakarta Timur, Syahdonan.

Menurutnya, untuk kawasan Kampung Pulo, yang merupakan kawasan terluasr yang terendam banjir, 90 personil ditempatkan ditambah tiga perahu karet. “Yang jelas, kami berupaya membantu penanganan banjir kali ini,” ujar Syahdonan. (Ifand)

Teks : Anggota TNI Kodam Jaya dan Satpol PP Jaktim, saat mengevakuasi korban banjir di Kampung Pulo, Jatinegara. (Ifand)