Friday, 21 September 2018

Petani Perlu Diberi Intensif Harga

Menristek Prihatin, Impor Pangan Masih Tinggi

Kamis, 27 Februari 2014 — 16:45 WIB
ristek1

JAKARTA (Pos Kota) – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta menyatakan Indonesia harus segera membebaskan diri dari ketergantungan terhadap berbagai produk impor termasuk pangan. Untuk itu pengembangan teknologi harus terus didorong kemajuannya.

“Tentu semua itu tak bisa lepas dari keberadaan lembaga penelitian dan pengembangan agar kemampuan SDM kita bisa terus ditingkatkan,” katanya di sela-sela pemberian penghargaan kepada sejumlah Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BPPD) oleh Kementerian Ristek, kemarin.

Menurut Gusti, dirinya  mengaku ikut prihatin dengan masih tingginya impor sejumlah produk terutama pangan. Sebab sebenarnya bangsa Indonesia sendiri mampu memenuhi kebutuhan tersebut jika hasil litbang benar-benar diaplikasikan. “Kita masih mengimpor kedelai. Padahal untuk memproduksi sendiri sangat mampu. Hanya saja memang petani perlu diberi insentif harga oleh pemerintah,” katanya.

Kementerian Ristek sendiri terus berupaya mendorong aktifitas Balitbang di tiap daerah. Harapannya, Balitbang tersebut terus mengembangkan produk unggulan di masing-masing daerahnya. Selain itu, pihaknya juga memprakarsai Program Fasilitasi Peningkatan Kapasitas BPPD Provinsi sebagai Koordinator Penguatan Sistem Informasi Daerah (SIDA). Untuk merangsang peningkatan peran BPPD yang telah menjalankan peran dan fungsinya dengan baik sebagai BPPD Utama.

Pada tahun 2014 ini Kemenristek menetapkan 3 BPPD Utama yakni Balitbang Pengembangan dan Inovasi (Balitbangnov) Provinsi Sumatera Selatan, Jawa Tengah, dan Riau. Ketiga Balitbang ini dinilai cukup berhasil dalam mengaplikasikan hasil penelitiannya.

Sekda Jawa Tengah Sri Puryono, KS mengatakan, pihaknya antara lain tengah mengembangkan energi alternative berupa penggantian minyak solar. Energi yang tengah dikembangkan dan dimanfaatkan antara lain penggunaan buah nyamplung untuk pengganti solar di daerah Grobogan. (faisal/yo)

rist1

Teks foto: Menristek Gusti Muhammad Hatta memberikan penghargaan kepada Sekda Jawa Tengah Sri Puryono, KS. (faisal)