Sunday, 23 September 2018

Pemprov DKI Bangun Ratusan Taman Herbal

Sabtu, 9 Mei 2015 — 8:11 WIB
Ahok ketika resmikan taman herbal

Ahok ketika resmikan taman herbal

JAKARTA (Pos Kota) – Pemprov DKI Jakarta bakal membangun ratusan taman herbal. Bukan hanya sekedar menjadi interaksi warga, namun sarana ini sekaligus menjadi apotek hidup.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) DKI Jakarta, Dien Emmawati mengatakan taman herbal ini dibangun atas kerja sama dengan mitra swasta. Dalam hal ini PT Bintang Toedjoe.“Tahun ini, ditargetkan akan ada 247 taman herbal berupa taman obat keluarga di 247 kelurahan yang tersebar di enam wilayah Jakarta,” ujar Dien di Balaikota, Jumat (8/5).

Dalam pelaksanaannya, dikatakan Dien, pihaknya juga menggelar lomba pemanfaatan perkarangan untuk warga yang sukses mengembangkan tanaman obat.“Lomba ini untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pemanfaatan tanah pekarangan dengan budi daya toga. Dengan begitu kita akan mempunyai 247 taman herbal di Jakarta,” ujarnya.

Untuk lomba taman herbal ini, setiap kelurahan harus menyediakan taman dengan minimum luas 12 meter persegi yang ditanami minimal 25 jenis tanaman herbal. Selain itu kriteria penilaiannya juga ditentukan partisipasi masyarakat untuk menanam tanaman herbal di pekarangannya sebanyak 80 persen, ada pelatihan tanaman herbal kepada kader PKK dan harus ada kerja sama dengan instansi lainnya.

“Proses lomba sudah dimulai per Maret tahun ini. Penilaian saat ini sedang dilakukan. Mudah-mudahan pengumuman pemenangnya bisa dilakukan sebelum 4 Juni,” tuturnya.

Diungkapkannya, hingga saat ini, pihaknya telah membangun beberapa taman herbal di Jakarta.  Diantaranya di kawasan perempatan Bypass seluas  5.000 meter persegi, kawasan Pulomas seluas 210 meter persegi, Pulogadung seluas 300 meter persegi, Kayu Putih seluas 78 meter persegi. Kedepannya, pihaknya juga akan membangun taman herbal di Surabaya dengan lahan seluas 140 meter persegi dan Medan seluas 250 meter persegi.(guruh)