Sunday, 23 September 2018

Untuk Rayakan Imlek, Para Lajang di China Buru “Pacar Sewaan”

Sabtu, 28 Januari 2017 — 9:47 WIB
Pengguna aplikasi "pacar sewaan" meningkat saat Imlek. (reuters)

Pengguna aplikasi "pacar sewaan" meningkat saat Imlek. (reuters)

CHINA – Tak ada yang ingin merayakan Imlek seorang diri. Hal ini dilihat sebagai kesempatan membuka usaha jasa oleh Cao Tintian, dengan membuat aplikasi “pacar sewaan”.

Hal ini rupanya mendapat sambutan luar biasa bagi para pria lajang di China, yang akhirnya berebut untuk mendapatkan seorang gadis sebagai pendamping di saat perayaan Tahun Baru China.

“Lebih dari 1.000 pengguna aplikasi kami telah mendaftar sebagai pacar untuk disewa pada libur Tahun Baru,” kata Cao, pendiri aplikasi pacar sewaan ‘Hire Me Plz’, kepada Reuters.

Untuk masalah tarif, Cao menetapkan harga 1 yuan (Rp2000) sampai 1.999 yuan (Rp3,8 juta)  per jam untuk kencan makan malam, mengobrol, satu permainan mah-jong, atau bahkan pijat kaki. Tarif ini tentunya meningkat pada Imlek, dengan ribuan gadis usia 20 an yang siap melayani.

“Saya masih mencari orang-orang untuk memenuhi slot waktu saya,” ujar seorang perempuan dari Provinsi Sichuan, yang tinggal memiliki dua slot setengah hari untuk seminggu ke depan. “Tapi hanya untuk mereka yang tinggal di provinsi yang sama. Saya tidak punya waktu untuk bepergian jauh,” tambah dia.

Sejak diluncurkan tahun 2015, Hire Me Plz telah mengumpulkan 700.000 pengguna dan 1,7 juta pengikut di Tencent milik WeChat, jaringan media sosial seluler terbesar di China.

Cao dari Hire Me Plz mengatakan, tujuan awal aplikasinya adalah untuk membantu mengatasi masalah kesepian yang dirasakan anak-anak muda yang meninggalkan rumah untuk bekerja sendiri di kota-kota besar. (embun)