Thursday, 21 September 2017

Katanya Minggu Tenang?

Selasa, 18 April 2017 — 6:55 WIB
gajelasss

PILKADA DKI Jakarta bukan baru sekali. Tapi kali ini paling heboh sepanjang sejarah. Katanya minggu tenang, masih diwarnai ‘perang sembako’ di sana-sini, ada pula ‘Wisata Almaidah’. Saking hebohnya, pas tanggal coblosan 19 April besok, benda langit yang namanya Asteroid akan mendekati bumi, agaknya mau lihat seperti apa sih Pilkada DKI yang menghebohkan itu?

Menurut aturan KPU, di minggu tenang tak boleh lagi ada kegiatan berbau kampanye. Tapi faktanya, di sana sini ada laporan dan gugatan timses para calon bahwa ada penyebaran sembako di perbagai tempat.

Timses paslon no. 2 menuduh pelakunya dari kubu paslon no. 3. Lain tempat gentian timses no. 3 menuduh penyebaran sembako itu dilakukan oleh kubu paslon no. 2.

Bawaslu pun jadi bingung, mana yang benar? Bahwa ada praktik pembagian sembako diam-diam memang benar. Tapi siapa pelaku sesungguhnya tidak jelas, sebab baik kubu no. 2 maupun no. 3 saling lempar: Bukan gue, tapi elo! Bagaimana mau mengadili, selama ini Bawaslu kebanyakan kan hanya bilang: Awas lu!

Kabarnya pas hari pencoblosan akan ada ‘Wisata Almaidah’ untuk mengawasi setiap TPS. Mereka orang luar Jakarta, yang ditugasi panitianya untuk memantau setiap TPS dengan jumlah peserta wisata 100 orang.

Kapolri Tito Karnavian sampai menyerukan agar kapolda di Sumatera dan Pulau Jawa mencegah orang daerah ke Jakarta hanya untuk nonton TPS.

Benda langit yang namanya Asteroid JO25 , rupanya mendengar heboh Pilgub DKI Jakarta di bumi. Sudah 13 tahun lalu Asteroid lewat mendekati bumi. Gara-gara kabar tersebut, rupanya benda langit yang berdiameter 650 meter itu jadi penasaran. Dia ingin melongok sebentar, meski jaraknya–kata NASA– sekitar 1,5 juta KM dari bumi. Kata lembaga antariksa AS, ini masih jarak aman, sehingga tak mungkin menabrak bumi.

Semoga saja Pilkada DKI besok ini berlangsung aman, pemilih tetap berpikir dewasa. Siap menang, tapi juga siap kalah. Yang menang tak perlu jumawa, yang kalah jangan pula ngamuk.

Jika sampai terjadi rusuh, bisa saja Asteroid diserempetkan ke bumi sebagai peringatan Allah. Jika bumi sampai penyok diserempet Asteroid JO25, mau diketok magic di mana coba? – gunarso ts