Saturday, 17 November 2018

Polres Bandarlampung Ringkus 71 Tersangka Narkoba

Sabtu, 13 Mei 2017 — 17:46 WIB
Tersangka yang dibekuk dalam operasi Antik-Krakatau

Tersangka yang dibekuk dalam operasi Antik-Krakatau

LAMPUNG (Pos Kota) – Selama 14 hari pelaksanaan Operasi Antik Krakatau 2017, Polresta Bandar Lampung dan jajaran meringkus 71 tersangka yang terlibat narkoba.

“Hasil pelaksanaan Operasi Antik Krakatau 2017 dari Polresta Bandar Lampung dan jajaran melebihi target. Dengan mengungkap 54 kasus dan meringkus 71 orang tersangka. Yang terdiri dari 60 pengguna narkoba dan 11 bandar. Dari seluruh tersangka masih dikembangkan untuk mengungkap jaringan mereka, ” kata Kapolresta Kombes Murbani Budi Pitono di Joglo Mapolresta, Sabtu 13 Mei 2017.

Satresnarkoba Polresta Bandarlampung memegang tangkapan tertinggi dengan 20 tersangka dari 14 kasus. Diikuti Polsek Teluk Betung Barat dengan sebelas tersangka dari tujuh kasus. Kemudian Polsek Tanjung Karang Barat dengan delapan tersangka dari delapan kasus. Sementara Polsek Kedaton berhasil meringkus satu target operasi (TO) orang berinisial Mr B bersama enam tersangka lain dari enam kasus yang bisa diungkap.

“Tersangka rata-rata pengangguran atau pemain didalam jaringan. Yang perlu diwaspadai karena mereka tergolong pemakai narkoba yang tidak punya kerja. Ini berbahaya, sangat berpotensi karena bagi orang-orang seperti ini dihadapkan pada dua opsi. Yakni naik kelas atau alih profesi jadi pengedar atau jadi pelaku kriminalitas untuk mendapat uang membeli narkoba, ” lanjut jelas Murbani yang didampingi Kasatresnarkoba Kompol Rosef Efendi dan para Kapolsek jajaran.

Selama operasi berlangsung, tidak ada satupun target atau tersangka yang harus diberikan tindakan tegas dan terukur saat hendak diringkus. Murbani sebut para tersangka tergolong koperatif. Dari puluhan tersangka tersebut juga tidak ditemukan aparatur sipil negara. Diakhir wawancara, Murbani menegaskan para tersangka diproses secara tegas supaya berefek jera. (Koesma)