Friday, 06 December 2019

Koarmada I Gelar Hari Armada Dengan Meriah

Kamis, 5 Desember 2019 — 17:30 WIB
Peringatan Hari Armada di Dermaga Sunda Kompleks Satuan Koarmada I Pondok Dayung Jakarta Utara dengan Inspektur Upacara Laksamana Madya TNI Mintoro Yulianto. (rizal)

Peringatan Hari Armada di Dermaga Sunda Kompleks Satuan Koarmada I Pondok Dayung Jakarta Utara dengan Inspektur Upacara Laksamana Madya TNI Mintoro Yulianto. (rizal)

JAKARTA –  Komando Armada I (Koarmada) menggelar upacara peringatan Hari Armada RI 2019 dengan meriah.

Upacara dipimpin Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Mintoro Yulianto di Dermaga Sunda Kompleks Satuan Koarmada I,  Pondok Dayung, Jakarta Utara, Kamis (5/12/2019).

Armada RI sebagai kekuatan tempur Angkatan Laut, pada hakekatnya lahir dan tumbuh bersama dengan kelahiran TNI. Armada RI tidak pernah absen dalam usaha menegakan dan mempertahankan kedaulatan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Bila kita mencermati perkembangan lingkungan strategis dalam kurun belakangan ini. Dinamika keamanan di tingkat  global dan regional begitu cepat berubah. Tidak menentu dan dinamisntelah menjadi faktor utama telah menjadi faktor utama terbentuknya kompleksitas ancaman keamanan,” kata  Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji,  dalam pidato yang dibacakan oleh Wakil KASAL  Laksamana TNI Indroko Sastrowiryono, Kamis (5/12/2019).

upacara Peringatan Hari Armada di Dermaga Sunda Kompleks Satuan Koarmada I Pondok Dayung Jakarta Utara dengan Inspektur Upacara Laksamana Madya TNI Mintoro Yulianto. (rizal)

Siwi mengatakan, sejak pengakuan kedaulatan NKRI, Armada RI secara bertahap mulai menambah kekuatannya dengan menerima penyerahan kapal dari Belanda dan pengadaan dari negara-negara lain.

“Dengan kekuatan yang ada ini, Armada RI telah berperan dalam penumpasan berbagai pemberontakan di tanah air, seperti pemberontakan Andi Azis, RMS, DI/TII, dan PRRI Permesta,” katanya.

Acara  Hari Armada RI kali ini dengan tema ‘Armada Sebagai Pengawal Samudera Siap Mewujudkan Prajurit Pejuang, Profesional, Bermoral dan Militan’ . Juga menampilkan  upacara Parade dan Defile. (rizal/tri)