Sunday, 15 December 2019

Menjelang Pelantikan Presiden-Wapres Terpilih, TNI AD Tingkatkan Kewaspadaan

Jumat, 11 Oktober 2019 — 19:19 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa.(yendhi)

Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa.(yendhi)

JAKARTA  –  Berkaca dari insiden penusukan terhadap Menko Polhukam, Wiranto, TNI Angkatan Darat (AD) telah melakukan antisipasi menjelang pelantikan Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa, mengaku telah memerintahkan semua pejabat TNI AD untuk meningkatkan kewaspadaan di wilayahnya masing-masing.

“Kami sudah menginstruksikan kepada seluruh Panglima Kotama, dan seluruh Kepala Badan Pelaksanaan Pusat, intinya semua elemen untuk menyiapkan diri di daerah-daerah masing-masing,” kata Andika di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019).

Meski pelantikan berlangsung di Jakarta, namun lanjut Andika kewaspadaan harus dilakukan disemua wilayah Indonesia. Namun, pengamanan tetap dibawah komando Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Karena event ada di Jakarta, tapi kita harus antisipasi di seluruh wilayah. Dengan adanya insiden ini pun akan menambah kewaspadaan kami, sekalipun konsep operasi pengamanan akan diatur panglima TNI,” tandas Andika.

Jokowi dan KH. Ma’ruf Amin akan menjalani pelantikan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 pada 20 Oktober 2019. (yendhi/tri)