Friday, 22 November 2019

Warga Khawatir Banjir, Saluran Phb Taman Surya Dangkal & Penuh Lumpur

Selasa, 22 Oktober 2019 — 9:11 WIB
Warga menunjuk saluran penghubung yang dangkal dan dipenuhi lumpur maupun sampah di Taman Surya Lima Blok LL, Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Jakbar. (rachmi)

Warga menunjuk saluran penghubung yang dangkal dan dipenuhi lumpur maupun sampah di Taman Surya Lima Blok LL, Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Jakbar. (rachmi)

JAKARTA – Warga RT 05-RW 02 Kampung Maja kini makin tidak nyaman karena permukimannya rentan banjir. Kondisi ini disebabkan saluran penghubung (Phb) yang dangkal dan dipenuhi lumpur di Taman Surya Lima Blok LL, Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

“Saluran penghubung di lokasi ini (Taman Surya Lima Blok LL) sudah lama tidak dikeruk pihak terkait,” kata Rizal, warga RT 05-RW 02 Kampung Maja seraya menunjuk saluran phb yang amburadul, Senin (21/10/2019).

Ia menuturkan saluran Phb tersebut semula lebarnya sekitar tiga meter. Namun belakangan terus menyempit karena tidak diturap dan makin banyak lumpur juga sampah. Tak urung penyempitan ini berdampak buruk ke permukiman warga di RT 05-RW 02 Kampung Maja sehingga rentan memicu banjir.

Rizal menegaskan persoalan lingkungan ini sudah kerap dilaporkan ke pihak kelurahan tapi hingga kini tak digubris. “Kami mendesak pihak terkait segera turun tangan supaya kami terbebas dari kebanjiran saat musim hujan,” ujarnya.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakbar, Purwanti saat dikonfirmasi mengatakan segera akan mengecek saluran Phb di Taman Surya Lima Blok LL, Kelurahan Pegadungan.

“Kami akan mengecek lokasi saluran Phb di Taman Surya Lima Blok LL, besok (Selasa,22/10/2019),” kata Purwanti.

Ia menambahkan pihaknya sudah dua bulan masih mengeruk Kali Maja, Kalideres. Kali Maja memiliki panjang sekitar 5 kilometer dari Jalan Bulak Sere. Pengerukan ini bertujuan mengurangi genangan di kawasan Kalideres dan sekitarnya. (rachmi/mb)

 

Attachments area