Tuesday, 19 November 2019

Cegah Longsor, Emak-emak Warga Margamulya Tanam Pohon di Bantaran Kali Bekasi

Sabtu, 9 November 2019 — 15:21 WIB
Ibu-ibu PKK dan warga Kelurahan Margamulya menanam pohon di bantaran Kali Bekasi. (chotim)

Ibu-ibu PKK dan warga Kelurahan Margamulya menanam pohon di bantaran Kali Bekasi. (chotim)

BEKASI – Ratusan warga Margamulya, Bekasi Utara, menanam pohon di bantaran Kali Bekasi, Sabtu (9/11/2019). Penanaman pohon demi mengantisipasi turap penahan kali rusak.

Warga yang terlibat terdiri dari berbagai elemen pemuda. Tak ketinggalan emak-emak yang menjadi kader Posyandu dan PKK. Mereka bergabung bersama warga di RW 07 menanam pohon peneduh, sekalian sebagai penahan turap kali.

“Ada 100 pohon yang ditanam. Seperti pohon mahoni, kecapi, kelengkeng dan lainnya,” kata Yudistira, Lurah Margamulya, Bekasi Utara.

Penanaman pohon ini lebih terasa ketika sebelumnya sejumlah pohon tumbang terkena angin puting beliung. Pondasi bantaran kali diharapkan akan semakin kokoh karena ada penahan pohon.

“Saya harapkan pohon itu nantinya bisa bermanfaat buat masyarakat sekitar. Dan bisa juga ke depannya menjadi resapan atau pondasi dari erosinya air karena luapan air Kali Bekasi saat lagi naik,” katanya.

Diakui, jika air naik karena arus deras dari hulu mengkhawatirkan bantaran bisa terkikis. Penahan bantaran mengandalkan pepohonan yang ditanam. Apalagi saat ini sudah mulai masuk musim penghujan.

Diberitakan sebelumnya, angin puting beliung menyerang kawasan Margamulya dan sekitar. Sejumlah pohon peneduh dan papan reklame roboh. (chotim/ys)