Friday, 06 December 2019

Rombak Birokrasi, Erick Akan Bawa Kementerian BUMN Lebih Lincah

Selasa, 19 November 2019 — 10:49 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (rihadin)

Menteri BUMN Erick Thohir. (rihadin)

JAKARTA  –  Menteri BUMN Erick Thohir tancap gas menjalankan tugas dari Presiden Jokowi. Terakhir, Erick mengambil langkah berani dengan menyegarkan pucuk pimpinan birokrasi Kementerian BUMN. Sebanyak tujuh eselon 1 digeser ke posisi baru di berbagai BUMN.

“Pak Erick ini kan tugasnya besar, membawa BUMN bersaing menjadi pemain global. Untuk itu butuh birokrasi yang lincah,” ujar  Direktur Suropati Syndicate Muh Sujahri, kepada wartawan, Selasa (19/11/2019).

Menurutnya, Erick Thohir memiliki pengalaman panjang di industri dengan persaingan sangat ketat. Pengalaman itu perlu diturunkan secara kelembagaan di kementerian BUMN.

“Keberhasilan menteri itu bukan hanya tergantung sosok menteri, tetapi juga bawahannya. Eselon satu sampai paling bawah. Langkah Erick ini angin segar untuk efisiensi dan eksekusi program,” lanjutnya.

Dirinya berharap, Erick berhasil membawa BUMN untuk dikelola secara profesional. Seperti perusahaan swasta atau perusahaan global yang memiliki reputasi tinggi.

“Saya lihat sejauh ini kebijakan Erick Thohir selalu mengepankan transparansi ke publik. Hampir tiap minggu publik bisa memantau hal-hal yang berkaitan dengan kementerian yang memayungi perusahaan-perusahaan negara ini. Ini jelas menandakan bahwa Erick Thohir terbuka terhadap respon publik,” tandas Sujahri. (yendhi/mb)