Friday, 13 December 2019

Pelajar SMAN 2 Negara Batin Diberi Penyuluhan Hukum oleh Polres Way Kanan

Rabu, 20 November 2019 — 5:35 WIB
Siswa SMAN 2 Negara Batin usai mengikuti penyuluhan hukum dari Polres Way Kanan.(ist)

Siswa SMAN 2 Negara Batin usai mengikuti penyuluhan hukum dari Polres Way Kanan.(ist)

LAMPUNG – Polres Way Kanan  memberikan penyuluhan hukum kepada pelajar SMAN 2 Negara Batin, yng digelar di aula sekolah yang bertujuan untuk mencegah kenakalan pelajar, pada Selasa (19/11/2019) siang.

Hadir dalam kegiatan Kasat Binmas Iptu Burhannuddin, Pengadilan Agama Blambangan Umpu Yopie Azbandi, Pengadilan Negeri Blambangan Umpu M. Budi Darma, Kejaksaan Negeri BLambangan Umpu , Kepala Sekolah SMAN 2 Negara Batin, sejumlah guru dan pelajar SMAN 2 Negara Batin.

Penyuluhan hukum terpadu yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Way Kanan, akan berlangsung pada enam kecamatan ( Negara Batin, Negeri Besar, Bumi Agung, Bahuga, Buay Bahuga dan Way Tuba ) Se-Kabaputen Way kanan dengan sasaran para siswa-siswi SMA sederajat.

Kapolres Way Kanan AKBP Andy Siswantoro melalui Kasat Binmas Iptu Burhannuddin menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini, pihaknya mengajak agar para siswa dan siswi belajar dengan baik selama di sekolah.

Siswa SMAN 2 Negara Batin usai mengikuti penyuluhan hukum dari Polres Way Kanan.(ist)

Selain itu, Kasat Binmas memberikan materi tentang kenakalan remaja, bahaya penyebaran berita Hoax, mengingatkan untuk menaati tata tertib sekolah dan aturan hukum, serta perundangan-undangan yang berlaku.

“Kita imbau mereka supaya tidak terpengaruh ajakan teman yang mengarah pada pelanggaran hukum. Ini kesempatan baik bagi siswa-siswi supaya tidak mudah terjerumus ke hal-hal negatif.  Misalnya rokok, itu jembatan utama dalam penyalahgunaan narkoba. Kita ingatkan agar mereka tidak melakukan itu,” tegasnya kepada pelajar.

Tak hanya soal peraturan, lanjut Iptu Burhannuddin, pihaknya juga mengajak siswa untuk mengantisipasi paham radikal, anti Pancasila, penyebaran paham teroris masuk ke sekolah melalui pembekalan pemahaman empat pilar kebangsaan.

“Alhamdulillah, mereka sangat antusias sekali. Bahkan, ada beberapa di antara mereka sangat aktif bertanya kepada kami berkaitan dengan materi yang disampaikan,” Ungkap Kasatbinmas. (koesma/tri)