Tuesday, 10 December 2019

Bermukim 5 Tahun di Bogor, Jokowi Punya Klangenan Tiga Kuliner Ini

Sabtu, 23 November 2019 — 20:48 WIB
jokowi ngopiiiiii-ist

JAKARTA – Sebelum bertolak ke Busan, Korea Selalatan, Presiden Jokowi sempat bercerita tentang kuliner di Kota Bogor. Ada tiga kuliner yang sudah sangat dikenalnya dan menjadi klangenan-nya (kesukaan).

Hal itu terungkap dalam akun instagram Jokowi, yang diunggah Sabtu (23/11/2019) pagi. Jokowi mengungkapkan, dirinya sudah lima tahun bermukim dan merasakan pesona Kota Bogor.

“Sudah lima tahun ini saya dan keluarga bermukim di Bogor, kota hujan dengan kebun raya luas, dan kian berkembang jadi kota besar. Salah satu yang menyenangkan dari kota ini adalah makanannya,” ungkapnya.

Menurut Jokowi, di kota ini terdapat begitu banyak rumah makan, modern dan tradisional, dengan resep dunia atau Nusantara. Apalagi jenis makanan Sunda dan Jawa. “Ini tiga di antaranya, baik yang pernah saya undang ke istana atau saya yang datang ke sana,” ujarnya.

Ketiganya adalah martabak Kiki, Restoran Kluwih, dan Sate Tegal Laka-laka. “Martabak Kiki yang bahan-bahannya masih segar, tanpa bahan pengawet, dan diracik langsung oleh pemilik,” ungkapnya.

Lantas soal Restoran Kluwih, menurutnya  yang menyajikan makanan Sunda dengan cara unik: dihampar di atas lembaran daun pisang di atas meja kayu dan dinikmati rame-rame. “Pernah mencoba cumi balakutak? Atau minuman es tape kluwih? Di sini tempatnya,” jelas Jokowi.

Satu lagi adalah Sate Tegal ‘Laka-laka’. Ia pun menjelaskan apa yang dimaksud dengan Laka-laka itu.  “Atau Sate Tegal “Laka-Laka”. Tahu arti laka-laka? Rupanya, dalam bahasa Tegal: tidak ada duanya hehe. Di sini ada sate kambing muda dan tengkleng yang enak,” ujarnya.

Di akhir goresannya, Jokowi mempromosikan atau mengajak masyarakat untuk datang ke Bogor. “Ayo ke Bogor,” tulisnya. (win)