Tuesday, 10 December 2019

Usung Konsep Go Green, Cafe ini Sediakan Makanan dan Minuman Hasil Kebun Sendiri

Selasa, 26 November 2019 — 10:07 WIB
Karyawan  Messis Coffe menunjukan makan menu andalan dan kopi asli gayo  (angga/tri)

Karyawan Messis Coffe menunjukan makan menu andalan dan kopi asli gayo (angga/tri)

DEPOK – Mengusung konsep Go Green, seorang warga Depok memanfaatkan peti kemas bekas digunakan untuk dijadikan sebagai usaha cafe.

Arda, warga Jati Jajar Cimanggis ini membuat ide kreatif, dengan menyulap peti kemas sebagai tempat kongkow yang nyaman bersama keluarga,  sekaligus  menyediakan makanan dan minuman khas sekelas hotel bintang lima dengan harga  kaki lima

Selain berbagai menu makanan yang dibuat dari dapur sendiri, Arda yang juga petani kopi asal daerah Gayo Aceh ini juga menyediakan minuman khas berbahan dasar kopi arabbica maupun kopi asli asal Gayo yang terkenal dari hasil panen kebunnya  sendiri.

“Bangunan Messis Coffe ini menggunakan peti kemas yang sudah menjadi barang bekas kita daur ulang dimanfaatkan dan ramah untuk lingkungan  agar  lebih nyaman dan natural,” ujarnya kepada Poskota saat disambangi di lokasi Messis Coffe Jalan Raya Tole Iskandar, Sukmajaya, Kota Depok, Selasa (26/11/2019).

Cafe dari peti kemas ini dibuat Arda dengan dibantu seorang temannya ahli di bidang arsitek bangunan. Mereka membuat  perpaduan warna yang saling bertabrakan namun masih dalam satu lini.

Untuk minuman kopinya, Arda mengaku menggunakan kopi hasil panen kebunnya sendiri.

“Selain kopi gayo asli dari hasil kebun di kampung  bisa dinikmati pengunjung, juga jika ingin cita rasa kopi arabica pengunjung dapat menikmati berbagai macam racikan yang beda dari tempat cafe atau restoran lain yang sudah ada,  dengan rasa hotel bintang lima tapi harga kaki lima,” ujarnya.

Khusus racikan kopinya, Arda mempercayakan kepada seorang pegawainya yang sudah profesional dalam membuat kopi sehingga tidak mengurangi cita rasa kopi tersebut.

“Kita menyediakan menu andalan untuk minuman ada Candy Coffe Late yaitu cita rasa seperti minum permen tapi beraroma kopi sehingga sangat khas. Untuk bahannya perpaduan antara ekspreso, susu segar dan sirup,” tambahnya.

Sedangkan untuk menu makanan, Arda menawarkan makanan andalannya yaitu Mie Nyemek khas Jogya Jawa Tengah.

“Selain Mie Nyemek menu andalan untuk makanan, ada juga Nasi Goreng Tomyam perpaduan rasa pedas manis asam seperti rasa asli dari Tomyam itu sendiri. Lalu semua menu masakan kita dijamin sehat dan halal karena tanpa menggunakan MSG,”ungkapnya.

Untuk makanan penutup Arda menawarkan ada pisang goreng cinamoon dengan sensasi aroma khas dari kayu manis.

Selain outdoor, tempat ini juga menyediakan fasilitas out dour  dengan nuansa natural go green.

“Total luas bangunan yang kita punya ada 700 meter persegi selain indoor kita juga ada yang out door. Bisa juga jika ada kegiatan keluarga atau pesta dapat mempergunakan out dour dengan penawaran paket spesial hanya untuk membeli 300 cup kopi susu sudah free space wedding, dapat menampung 400 orang,” tuturnya.

Messis Coffe sendiri berdiri semenjak 12 Desember 2018 dengan pertama kali karyawan hanya ada lima kini sudah berjalan hampir setahun dan memiliki sembilan orang karyawan termasuk koki.

“Kita sangat menjamin kepuasan para pelanggan tidak hanya dari makanan atau minuman yang disajikan main pelayanan pegawai kita juga dioptimalkan. Supaya pelanggan tidak bosen setiap tiga bulan akan ganti menu,” bebernya.

“Alhamdullilah  antusias warga Depok khususnya Sukmajaya sangat menerima kehadiran resto kita. Rencana ada penambahan cabang di kota besar lainnya.” (angga/tri)