Tuesday, 10 December 2019

Warga Pulau Pramuka Terserang Wabah Gatal

Selasa, 3 Desember 2019 — 20:30 WIB
pulau seribu

JAKARTA  – Warga Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, terserang wabah gatal. Mereka mengeluhkan rasa gatal yang ditandai dengan kulit merah, dan bengkak-bengkak tersebut sejak sebulan belakangan ini.

Ketua RT05, Kelurahan Pulau Panggang, Siaran mengatakan, wabah tersebut muncul pada bagian leher , kemudian memerah dan membengkak hingga menjalar ke seluruh tubuh warga yang terjangkit.

“Penyakit itu semakin parah jika kondisi tubuh berkeringat dan malam hari,” ungkapnya, Selasa (3/12/2019). Belum ada petugas kesehatan , maupun puskesmas melakukan pengecekan terhadap warga maupun lingkungan dimana wabah tersebut berada.

Sairan mengatakan, bahwa peristiwa semacam ini baru pertama kali terjadi di Pulau Pramuka. Ia menduga ada beberapa penyebab penyakit gatal itu mulai dari air, alergi cuaca hingga makanan.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, Herwin Meifendy mengatakan pihaknya belum mendapat informasi perihal penyakit gatal yang menimpa warga Pulau Pramuka. “Belum dapet laporan dari puskesmas atau rumah sakit,” ujar Herwin.

Ia menambahkan selama ini memang belum pernah ada laporan semacam penyakit gatal di Kepulauan Seribu. Pasalnya jika memang peristiwa semacam itu terjadi, tentunya sudah ada laporan.

Sementara itu, Lurah Pulau Panggang, Pepen Kuswandi mengatakan ada sekitar 10 orang dengan penyakit gatal disertai keluhan bervariasi. Namun untuk penyebab pasti penyakit gatal itu masih harus menunggu hasil laboratorium. (deny/win)