Tuesday, 10 December 2019

PPSU Kelurahan Pulau Tidung Budidaya Pohon Sukun

Selasa, 10 Desember 2019 — 9:11 WIB
ABK Kelurahan Pulau Tidung melakukan budidaya pohon sukun. (deny)

ABK Kelurahan Pulau Tidung melakukan budidaya pohon sukun. (deny)

KEPULAUAN SERIBU – Budidaya pohon sukun di lakukan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) serta anak buah kapal (ABK) Kelurahan Pulau Tidung, Kabupaten Kepulauan Seribu.  Pembibitan pohon sendiri pun, dilakukan dengan cara pencangkokan.

Lurah Pulau Tidung, Cecep Suryadi mengatakan, dalam dua hari pencangkokan belakangan ini, total sudah ada sebanyak 30 batang pohon sukun. “Dan jumlah ini akan terus bertambah,” ungkapnya, Senin (9/12/2019).

Dikatakan Cecep, nantinya puluhan pohon sukun hasil pencangkokan tersebut akan ditanam di lahan-lahan kosong milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang ada di Pulau Tidung. “Harapnya selain penghijauan, pohon sukun yang ditanam dapat menjadi panganan khas,” ujarnya.

Budidaya atau pembibitan pohon sukun tersebut, tambahnya, juga sebagai dukungan program Gerakan Menanam Seribu Sukun yang sudah dicanangkan Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad, sejak tahun 2018.

Sebelumnya, Husain Murad mengatakan dengan menjadikan penganan khas, sukun dapat menjadi salah satu penghasilan ekonomi warga.  Dan wisatawan dapat menjadikan buah tersebut sebagai buah tangan dari Kepulauan Seribu, dan ini harus ditangkap menjadi peluang ekonomi. (deny/mb)