Wednesday, 11 December 2019

Mudik Nataru, Tiket Bus ke Sumatra Mulai Diburu

Rabu, 11 Desember 2019 — 7:51 WIB
Suasana di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. (dok)

Suasana di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. (dok)

JAKARTA – Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), para penumpang jurusan Sumatra terus memesan tiket bus di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur. Mahalnya harga tiket pesawat membuat warga terus beralih menggunakan moda transportasi darat ini.

Kepala Terminal Kampung Rambutan, Thofik Winanto mengatakan, dalam beberapa hari terakhir calon penumpang sudah datang membeli tiket secara langsung ke perusahaan otobus (PO). “Sudah mulai ada yang memesan tiket keberangkatan dan yang paling banyak untuk tujuan Sumatra. Mereka pesan sekarang karena takut kehabisan,” katanya, Selasa (10/12/2019).

Thofik mengatakan, penumpang tujuan Sumatra itu didominasi wilayah Medan yang hampir setiap hari datang memesan tiket bus. Ia pun memprediksi jumlah pemesan terus melonjak karena banyaknya warga yang hendak pulang kampung dan berlibur panjang.

“Kami pun memperkirakan puncaknya 20 Desember mendatang, karena perjalanan mereka kan jauh, harus berangkat lebih awal,” ujarnya.

Thofik menambahkan, untuk puncak keberangkatan calon penumpang dengan tujuan wilayah Jawa diprediksi mencapai puncaknya tanggal 23 Desember. Hal itu karena waktu tempuh calon penumpang bus dengan tujuan wilayah Jawa tak selama dengan waktu tempuh menuju Sumatra. “Jaraknya yang singkat sehingga penumpang memilih mundur sekaligus menunggu libur akhir tahun,” tuturnya.

Thofik menyebut, untuk menyiapkan angkutan libur Nataru, pihaknya juga sudah melakukan pra ramp check (pemeriksaan kendaraan). Hal itu sudah dilakukan pihaknya sejak akhir  November 2019 lalu. “Pra ramp check sudah dilakukan, kemarin tanggal 25-28 November dan tanggal 2-6 Desember,” tambahnya.

Sementara untuk waktu pelaksanaan ramp check sesungguhnya, kata Thofik, pihaknya masih menunggu ketetapan waktu dari Kementrian Perhubungan. Nantinya, selain pengecekan unit bus mulai administrasi hingga teknis, para sopir dan kernet, juga dicek kesehatannya guna menjamin keselamatan penumpang.

“Kemungkinan itu akan dilakukan pada pekan depan,” ungkapnya. (ifand/ys)

Terbaru

polsek jatinegara (ifand)
Rabu, 11/12/2019 — 21:33 WIB
Merasa Ditipu, 8 Pencari Kerja Lapor Polisi
anak ular kobra yang diamankan petugas PKP Jakarta Timur. (Ifand)
Rabu, 11/12/2019 — 20:47 WIB
Sembilan Ditangkap, Ular Cobra Teror Warga Cakung
Iriana Joko Widodo saat menghadiri bazar amal ke-52 Women’s International Club (WIC) di Jakarta Convention Center (JCC
Rabu, 11/12/2019 — 20:26 WIB
Iriana Jokowi Apresiasi Kegiatan WIC