Thursday, 17 October 2019

Soal Polusi Udara, Ini Makanan yang Harus Dikonsumsi Warga Jakarta

Sabtu, 3 Agustus 2019 — 7:34 WIB
dr. Yeni Purnamasari dari Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia. (ikbal)

dr. Yeni Purnamasari dari Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia. (ikbal)

JAKARTA – Polusi udara dapat menyebabkan timbulnya penyakit dalam tubuh. Umumnya untuk melindungi diri dari dampak pencemaran udara, pemakaian masker sangat dianjurkan. Namun ternyata gaya hidup sehat juga bisa mencegah penyakit yang diakibatkan oleh polutan.

Belakangan, tingkat kualitas udara di Jakarta menjadi sorotan. Ibukota negara ini disebut masuk dalam daftar kota dengan tingkat polusi tertinggi di dunia. Dengan populasi padat, warga Jakarta disarankan untuk melindungi diri dari udara tak sehat tersebut.

dr Yeni Purnamasari dari Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia mengatakan perilaku hidup sehat dan bersih dapat mengurangi risiko penyakit tersebut. Menurutnya hidup sehat dan beraih bisa ditanamkan sejak dini dari lingkungan keluarga.

“Bagaimana peran keluarga secara dini mengenalkan hidup bersih dan sehat. Kami dari Perhimpunan Dokter keluarga, kita lakukan promotif dan preventif. Perlu ada perilaku hidup sehat yang menjadi kebutuhan bukan hanya saat ada keluhan (kesehatan),” katanya  di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2019).

Yeni mencontohkan hal kecil namun penting adalah kebiasaan mencuci tangan. Mengkonsumsi makanan sehat juga dapat menjadi antioksidan dalam tubuh guna menghindari penyakit yang disebabkan polusi udara.

“Kita konsumsi makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buaha . Ini terdengar klasik tapi kita biasakan. Ini bisa menjaga dan melindungi (tubuh),” jelas dia. (ikbal/yp)