Thursday, 05 December 2019

Ki Jaga Raksa Siap Tampil Lagi Bawa Bendara Pusaka di depan Jokowi

Rabu, 7 Agustus 2019 — 8:41 WIB
Kereta Kencana Ki Jaga Raksa.

Kereta Kencana Ki Jaga Raksa.

PURWAKARTA – Boleh jadi, masyarakat Purwakarta, Jawa Barat, berbangga hati. Pasalnya, ikon Kab Purwakarta yakni Kereta Kencana Ki Jaga Raksa kembali didapuk Istana Negara sebagai kendaraan pembawa bendera pusaka pada Upacara HUT ke 74 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka. Ini tahun ke-4, Ki Jaga Raksa membawa bendera pusaka di Istana Merdeka, di depan P5residen joko Widodo (Jokowi).

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan Kereta Kencana Ki Jaga Raksa kembali dipinjam oleh pihak istana untuk membawa bendera pusaka dalam peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI. Selain kereta kencana tersebut termasuk ikon Purwakarta ditambah salah satu pelajar Purwakarta masuk dalam Paskibraka Nasional.

“Kita turut berbangga apalagi khususnya untuk warga Purwakarta. Empat tahun berturut – turut dipercaya apalagi ditambah dengan salah satu siswa menjadi anggota tim nasional paskibraka,” ujar Anne di Bale Nagri Purwakarta. Selasa (6/8/2019).

Menurut Anne, pihak Istana Negara sudah mengajukan peminjaman di akhir 2018, sehingga pihak Pemerintah sudah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk service.

“Sejak lama dipersiapkan, permohonannya akhir Desember 2018.  Selama dua bulan berada di Yogyakarta untuk dicek dulu dan mendapatkan service, semuanya kita persiapkan untuk acara HUT Kemerdekaan RI,” ucap Anne.

Anne menjelaskan Kereta Kencana Ki Jaga Raksa  memilki filosofi yang cukup kuat, didesain dimasa kepemimpinan Dedi Mulyadi, mengambil tema tentang Jawa Barat bisa dilihat dari ornamennya.

“Dibuat masa kepemimpinan kang Dedi waktu itu, ornamennya tentang Jawa Barat kan ada bentuk kujangnya,” ujar Anne.

Rasa bangga pun disampaikan Anne, setelah pelajar siswa SMAN 1 Purwakarta, Fara El Diba, terpilih menjadi anggota pasukan nasional pengibar bendera di Istana Merdeka pada upacara peringatan HUT RI ke 74 nanti.

“Kebanggaan kita bertambah, setelah Fara pelajar Purwakarta bisa mewakili di tingkat Nasional. Saya ucapkan selamat dan bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat Purwakarta khususnya para pelajar,” ujarnya.

Kereta Kencana Ki Jaga Raksa, mulai dipakai untuk membawa bendera pusaka sejak tahun 2015. Untuk tahun ini adalah tahun ke empat kereta kencana yang mulai diperkenalkan kepada masyarakat Purwakarta sejak 2014.

“Kereta akan diserahkan pada tanggal 9 Agustus dan dikembalikan ke kita pada 17 Agustus malam harinya,” pungkasnya. (dadan/yp)