Sunday, 13 October 2019

Piala Super Eropa UEFA

Liverpool Tak Berani Remehkan Chelsea

Rabu, 14 Agustus 2019 — 6:13 WIB
reuters

reuters

TURKI – Bermodalkan hasil berbeda pada laga perdana di Liga Primer Inggris, akhir pekan kemarin, Liverpool dan Chelsea akan sama-sama mempertegas kualitas mereka di ajang Piala Super Eropa UEFA di Vodafone Park, Istanbul, Turki, Kamis (15/8/2019), 02:00 WIB. Meski tampil mengesankan, Liverpool ogah meremehkan tim pesaktian seperti Chelsea yang baru saja dibantai Manchester United (MU) dengan skor empat gol tanpa balas.

Maklum, Liverpool masih punya masalah, terutama di lini pertahanan setelah kebobolan satu gol saat menjamu Norwich City 4-1 di Anfield, Sabtu (10/8/2019) dinihari. Ditambah dengan cedera sang kiper utama, Alisson yang kemungkinan bakal terbaring di ruang pemulihan dalam jangka waktu yang lama.

“(Cedera Alisson) tidak bagus. Cedera betis yang jelas akan membuatnya absen untuk sementara waktu. Saya tak mau membuat prediksi kapan dia akan kembali, tapi sudah pasti bukan Rabu (kontra Chelsea red) ini,” kata Klopp, dikutip Liverpool Echo.

Sebagai penggantinya, Klopp kemungkinan akan kembali mempercayakan Adrian untuk mengisi pos di bawah mistar gawang. Sebelumnya, Adrian tampil menggantikan Alisson yang ditarik keluar pada menit ke-39 saat menghadapi Norwich.

Setelah dikawal Adrian, di saat itulah Norwich mampu menjebol gawang Liverpool, yang menandakan, masih adanya celah di lini balakang tim berjuluk Si Merah tersebut. Sebagai juara Liga Champions musim lalu, Liverpool pun tidak ingin hal itu menjadi celah yang dapat dimanfaatkan Chelsea untuk meluapkan amarah mereka.

Kekalahan 0-4 dari MU akhir pekan kemarin, menandakan bakal adanya amarah yang akan diusung jawara Liga Eropa UEFA musim lalu itu. Namun pertahanan Chelsea yang rapuh harus bisa diatasi pelatih Frank Lampard sebelum bentrok dengan Liverpool.

Selain itu, tidak adanya pemain bintang sepeninggalan Eden Hazard di lini depan, juga harus bisa diatasi Lampard untuk mengatasi mandulnya Chelsea di kandang MU, Minggu (11/8/2010). Jika bisa diatasi Lampard dalam waktu singkat, maka Piala Super Eropa bisa menjadi ajang ‘penebusan dosa’ baginya.

Ia pun meminta anak-anak asuhnya untuk melupakan kekalahan di Manchester demi fokus membidik gelar Piala Super Eropa. Menghadapi Liverpool, Lampard ingin anak-anak asuhnya bisa tampil dengan segenap kemampuan mereka.

“Kami harus sepenuhnya siap. Ini trofi yang sangat ingin dimenangi klub. Saya tak pernah memenanginya; banyak pemain yang belum pernah memenanginya, jadi kami harus mengerahkan segala kemampuan kita. Melawan tim dengan kualitas seperti Liverpool, akan sangat mempengaruhi perjalanan kami selanjutnya,” ungkap Lampard, dikutip Mirror.

Lampard pernah dua kali melakoni Piala Super Eropa saat masih menjadi pemain dan semuanya berakhir dengan kekalahan. Pertama, saat Chelsea dengan status juara Liga Champions 2011/2012, berhadapan dengan Atletico Madrid. Dalam laga yang digelar di di Stade Louis II, Monaco itu, Chelsea takluk 1-4. Kedua, saat Chelsea dengan status juara Liga Eropa UEFA 2012/2013, berhadapan dengan Bayern Munchen. Lampard kembali gagal membawa Chelsea menjadi juara setelah kalah 4-5 lewat drama adu penalti, usai bermain 2-2 selama 120 menit laga. (jun)

Prakiraan pemain

Liverpool (4-3-3): Adrian (g); Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil Van Dijk, Andrew Robertson; James Milner, Fabinho, Jordan Henderson; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Chelsea (4-2-3-1): Kepa Arrizabalaga (g); Cesar Azpilicueta, Kurt Zouma, Andreas Christensen, Marcos Alonso; N’Golo Kante, Jorginho; Pedro, Ross Barkley, Christian Pulisic; Olivier Giroud.