Friday, 06 December 2019

Dipastikan Prima, Xandao dan Tomas Tunggu Debutnya Bersama Persija

Selasa, 3 September 2019 — 20:16 WIB
CEO Persija, Ferry Paulus dan pemain asing baru Macan Kemayoran, Joan Tomas. (ist)

CEO Persija, Ferry Paulus dan pemain asing baru Macan Kemayoran, Joan Tomas. (ist)

JAKARTA – Dua legiun asing Persija Jakarta, Alexandre Luiz Reame (Xandao) dan Joan Tomas Campasol dipastikan prima setelah menjalani tes medis yang digelar Persija di Rumah Sakit Premier Bintaro, Tangerang Selatan, Selasa (9/3/2019). Kini, debut kedua legiun asing tersebut tinggal menanti debut mereka bersama Persija di ajang Shopee Liga 1 musim ini.

“Hasil pemeriksaan hari ini berjalan lancar dan sesuai perkiraan tidak ada kendala dengan kesehatan mereka berdua. Mereka pemain profesional yang kita rekrut di tengah musim. Artinya mereka sudah melalui rangkaian tes medis di tim sebelumnya. Hal inilah yang menjadi acuan dalam penandatanganan kontrak. Meski begitu kita harus melakukan pengecekan kembali agar terdata secara resmi di rumah sakit,” kata Dokter Tim Persija Jakarta, Dr. Donny Kurniawan, SpKO dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/9/2019).

Sebelumnya, kedatangan Xandao dan Tomas diharapkan dapat menutupi kekosongan yang ditinggalkan Steven Paulle dan Bruno Matos di lini belakang dan tengah. Menurut CEO Persija, Ferry Paulus, selama ini kedua lini tersebut menjadi salah satu titik lemah tim berjuluk Macan Kemayoran dalam usaha meraih kemenangan di Liga 1.

“Saya harap kedatangan kedua pemain asing ini bisa menutupi ‘penyakit’ yang selama ini dialami Persija. Hampir di setiap pertandingan, kita selalu kebobolan di menit-menit terakhir babak,” ungkap Ferry.

Lebih lanjut, Ferry menambahkan jika pemilihan kedua pemain asing tersebut, semula bukan bagian dari rencana manajeman klub. Menurutnya, pembelian mereka itu sebagai usaha pihak klub untuk memberikan dukungan terhadap pelatih Julio Banuelos.

“Mereka ini memang pilihan pelatih, sehingga kami hanya memfasilitasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita dari sisi manajemen, meskipun banderolnya lumayan mahal,” lanjut Ferry yang enggan menyebutkan jumlah kocek yang keluarkan pihak klub untuk mendatangkan kedua legiun asing tersebut.

Usai kalah 0-1 dari Perseru Badak Lampung, akhri pekan lalu, Persija akan kembali melakoni laga lanjutan Liga 1 musim ini dengan menyambangi Persipura Jayapura pada Rabu (11/09/2019). Laga tersebut menjadi krusial bagi tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut untuk keluar dari zona degradasi.

Saat ini, tim kebanggaan masyarakat Ibu Kota itu masih terdampar di urutan dua dari bawah klasemen. Dengan total 14 poin dari 14 laga, Persija tertinggal satu angka dari batas akhir zona aman, hunian Persela Lamongan yang sudah melakoni 16 laga. (jun)